Inilah Cara Perhutani Patroli Hutan, Di Tengah Pandemi Covid-19

Patroli Perhutani Bersama Polisi

BLORA - Meskipun dalam pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Polsek Sambong Polres Blora tetap intensif laksanakan tugas kepolisian, salah satunya adalah dengan cara patroli gabungan Perhutani bersama Kepolisian. Sabtu, (25/04/2020) Polsek Sambong menggandeng Perhutani untuk melakukan patroli hutan di wilayah setempat.

Kapolsek Sambong Polres Blora AKP Sutrisno,SH mengungkapkan bahwa kegiatan patroli gabungan di hutan ini dilakukan untuk antisipasi pencurian kayu negara di wilayah setempat, saat negara dalam pandemi virus corona.

"Untuk antisipasi pencurian kayu jati di hutan negara, saat pandemi corona, kami bersinergi dengan Perhutani menggelar patroli keliling hutan," ucap Kapolsek Sambong.

Menurutnya, patroli sinergitas ini rutin dilaksanakan untuk mencegah pencurian kayu jati, pihaknya sengaja menggandeng jajaran Perhutani untuk melaksanakan patroli, dikarenakan perhutani lebih memahami situasi, kondisi dan kerawanan kawasan hutan.

“Kami gandeng Perhutani, agar lebih efektif serta maksimal dalam patroli,” tambahnya.

Sebelum turun berpatroli, sambung AKP Sutrisno petugas lebih dulu menggelar koordinasi di titik kumpul Pos DX, di kawasan hutan jati negara masuk Kecamatan Sambong, Blora.

"Melalui patroli gabungan rutin seperti ini, diharapkan dapat mencegah pencurian dan penebangan liar kayu jati," tandas Kapolsek Sambong.

Adapun rute patroli adalah menyisir kawasan hutan yang ada di sepanjang wilayah Kecamatan Sambong hingga perbatasan Kecamatan Cepu, masuk Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cepu.

Bahkan tidak hanya berpatroli, lanjut petugas perhutani setiap saat di manapun lokasi ada sekelompok warga, tim gabungan juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat sekitar hutan, agar selalu waspada terhadap bencana alam dan setiap beraktivitas di sawah ataupun di hutan harus memperhatikan prosedur kesehatan, salah satunya adalah imbauan jaga jarak dan pemakaian masker saat beraktivitas.

"Intinya kita ingin situasi Kamtibmas di Blora, terutama wilayah kecamatan Sambong tetap aman kondusif, meskipun ditengah pandemi virus covid-19," pungkas Kapolsek. (ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Temu Petani Tebu Blora dengan Pendiri Pabrik Gula Rembang

BLORA — Dalam acara temu kangen, seorang pengusaha Kamajaya yang dulu membidani Pabrik Gula (PG) Blora bertemu dan berdialog de...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »