LOMBA MEWARNAI MENGAWALI FESTIVAL BARONGAN 3

Wakil Bunda PAUD Kabupaten Blora
Blora,- Lomba mewarnai Barongan tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di pendopo rumah dinas Bupati hari ini, (22/11/2016), mengawali rangkaian Festival Barongan 3. Kegiatan lomba mewarnai ini merupakan leading sector dari Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora Bidang Kebudayaan yang bekerjasama dengan Paguyuban Perupa Blora dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Kab. Blora.
Ketua Paguyuban Perupa Blora, Prayitno, menuturkan, Peserta lomba adalah anak usia dini yang terdiri dari kelompok bermain, TK A dan TK B. “Adapun lomba bersifat tertutup, artinya jumlah peserta dibatasi berdasarkan tipologi seni lukis anak yang terdiri dari, peserta kelompok bermain 75 anak, kelompok TK A 250 peserta, kelompok TK B 250 peserta,” jelasnya.
Lomba dibagi dalam beberapa kelompok, terdiri dari Kelompok Bermain murni mewarnai dengan tingkat kesulitan rendah dengan media standar mewarnai seperti crayon, pensil berwarna, dll. Kelompok TK A murni mewarnai dengan tingkat kesulitan lebih detail, dan kelompok TK B mewarnai dengan tingkat kesulitan pengembangan obyek lukis. Waktu dalam mengerjakan tugas lomba atau berkarya maksimal 120 menit atau 2 jam.
Juara kejuaraan merupakan juara berdasar tipologi peserta lomba yang masing-masing diambil 3 karya terbaik terdiri dari juara 1, 2 dan 3 tipologi visual setiap kelompok dan juara 1, 2, dan 3 tipologi non visual setiap kelompok. “Masing-masing juara yang berjumlah 18 penghargaan memperoleh Piagam, Piala dan Uang Pembinaan,” jelasnya.
Wakil Bunda PAUD Kabupaten Blora, Ainu Sholihah dalam sambutannya berharap lomba ini bisa meningkatkan kreatifitas anak-anak PAUD. Pemenang lomba nantinya akan diikutkan dalam ajang-ajang lomba seni rupa dilevel yang lebih tinggi. “Kalau menjadi juara akan mewakili Kabupaten Blora ditingkat karesidenan Pati,” ujarnya.
Ajang lomba mewarnai, lanjutnya agar terus dikembangkan untuk mengasah kemampuan sekaligus mencari anak-anak yang berbakat dibidang seni rupa.
Bertema All About Blora’s Culture, Festival Barongan 3 digelar selama 6 hari berturut-turut, 22-27 November. Diawali lomba mewarnai tingkat PAUD di pendopo rumah dinas Bupati pukul 09.00 WIB (22/11).
Hari berikutnya, Rabu (23/11), digelar Seminar Budaya di gedung Sasana Bhakti yang menurut rencana digelar pukul 09.00 WIB. Kemudian Pagelaran Wayang Krucil yang juga digelar di gedung Sasana Bhakti pukul 19.00 WIB, Kamis (24/11).
Festival Tayub “Nom-Noman”  di Blok T pukul 19.00 WIB, Jumat (25/11) bintang tamu Tim Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Pagelaran Barongan, Sabtu (26/11) dimulai pukul 19.00 WIB di Blok T, dengan bintang tamu Didik Nini Thowok, Barongan Kab. Kendal, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Risang Guntur Seto (RGS).
Parade Barongan start alun-alun dengan finish Jl. A. Yani depan SMK Katolik bintang digelar, Sabtu (26/11), pukul 09.00 WIB, dengan bintang tamu Barongan Kabupaten Jepara, Kabupaten Boyolali, Barongan Braiii, Ampyak-ampyak Barongan se-Kabupaten Blora.

Parade Seni Budaya di gedung Sasana Bhakti Kab. Blora digelar hari Kamis hingga Sabtu (24-26/11) pukul 09.00 WIB. Pameran kerajinan dan UMKM WIB Blok T, hari Jumat sampai Minggu (25-27/11). Lomba fashion show kebaya di Blok T, Minggu (27/11) pukul 09.00 WIB. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Temu Petani Tebu Blora dengan Pendiri Pabrik Gula Rembang

BLORA — Dalam acara temu kangen, seorang pengusaha Kamajaya yang dulu membidani Pabrik Gula (PG) Blora bertemu dan berdialog de...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »