FESTIVAL BARONGAN NUSANTARA 3

Festival Barongan Nusantara
Di Alun-alun Kota Blora
Blora,– Festival Barongan Nusantara kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Blora dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Blora ke 267. Festival Barongan Nusantara yang diselenggarakan 22 hingga 27 November 2016 berlansung sangat meriah dan terdapat berbagai rangkaian kegiatan. Diawali dengan lomba mewarnai Barongan yang diikuti oleh Siswa Siswi PAUD dan TK se Kabupaten Blora (22/11), Seminar Budaya (23/11), Gelar Wayang Krucil (24/11), Pameran Seni Budaya (24-26/11), Pameran Kerajinan dan UMKM (24-26/11), Parade Barongan (26/11) dan ditutup dengan Pagelaran Barongan (26/11).
Rangkaian kegiatan yang paling ditunggu masyarakat Kabupaten Blora adalah Parade dan Pagelaran Barongan. Bupati Blora Djoko Nugroho melepas peserta Parade Barongan Nusantara 3 di Alun-alun Kabupaten Blora. Sabtu, (24/11). Acara ini dihadiri pula oleh Ibu Umi Kulsum Djoko Nugroho, Wakil Bupati Blora H Arief Rohman M.Si beserta Ibu Ainus Sholichah.
Parade Barongan Nusantara dibuka dengan penampilan grup Seni Barong Risang Guntur Seto dari Kabupaten Blora dan diikuti oleh 26 peserta diantaranya dari Grup seni Barong Risang Guntur Seto Blora, Boyolali, Jepara, Demak, grup Barongan Brai dari 13 Kecamatan di Kabupaten Blora dan 9 grup Barongan Ampyak-ampyak. Warga pun beramai-ramai memenuhi Alun-alun Kabupaten Blora, Jalan Pemuda hingga Gedung DPRD Blora yang merupakan rute parade.
Di malam harinya, diselenggarakan Pagelaran Barongan Nusantara 3 yang merupakan puncak acara di Blok T Blora dengan bintang tamu Didi Nini Thowok. Tampil pula kesenian barongan dari Kabupaten Kendal, group seni Barong Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, group Barongan UNNES, serta grup seni Barong Risang Guntur Seto dari Kabupaten Blora.
Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya parade ini. Diharapkan kegiatan ini dapat diadakan setiap tahunnya dan semakin meriah. Dengan adanya Festival Barongan ini diharapkan dapat memupuk budaya Blora dan mengenalkan Barongan kepada masyarakat.
Adapun pemenang lomba Parade Barongan Nusantara 3 sebagai berikut:
Juara 1 diraih Barong Harimo Kuncoro Desa Tutup, Kecamatan Tunjungan
Juara 2 diraih Barong Putro Kusumo Desa Palon, Kecamatan Jepon
Juara 3 diraih Barong Singo Kembang Joyo Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora

(adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »