Wakil Bupati Blora: Bantuan Tunai Untuk Beli Kebutuhan Pokok, Sekretaris DinSos P3A: Per KPM Rp.200ribu/Bulan Selama 3 Bulan

Wabup Blora Serahkan Bantuan Tunai
BLORA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, telah menyalurkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) atau bantuan sosial yang bersumber dari APBD Blora secara bertahap untuk masyarakat kurang mampu terdampak pandemi wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jumat (15/5/2020)


Guna memastikan penyalurannya berjalan lancar, Wakil Bupati H. Arief Rohman, M.Si pun turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan langsung. Diantaranya memantau proses penyaluran di Kelurahan Ngawen (Kecamatan Ngawen), dan Kelurahan Kunduran (Kecamatan Kunduran) Kabupaten Blora.


Pemantauan dilakukan bersama dengan anggota DPRD Jawa Tengah, Padmasari Mestikajati; Wakil Ketua DPRD Blora Siswanto; Sekretaris
Dinsos P3A Kabupaten Blora, Forkopimcam dan Lurah setempat.


Penyaluran dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah potensi persebaran virus Corona atau Covid-19. Yakni masyarakat wajib memakai masker, dan diatur untuk jaga jarak agar tidak berkerumun.


Wakil Bupati dan rombongan sempat memberikan sambutan singkat untuk masyarakat dan ikut menyerahkan bantuan tunai itu secara simbolis kepada beberapa KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

“Kita ingin pastikan proses penyalurannya berjalan dengan baik. Sebagai sample, kita tadi memantau di Kelurahan Ngawen dan Kelurahan Kunduran. Alhamdulillah dengan menerapkan protokol kesehatan, pakai masker dan jaga jarak, masyarakat bersedia tertib antri. Semoga bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan jelang Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19, aamiin,” ucap Wakil Bupati.


Wakil Bupati juga berharap proses penyaluran bantuan sosial di wilayah lain yang dilakukan secara bertahap mulai hari ini juga berjalan lancar, baik bantuan dari APBN, APBD Blora maupun BLT Dana Desa.

“Kepada seluruh KPM (penerima) kami minta agar bantuan ini digunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari, jangan dibelikan pulsa nggih Pak, Buk,” pesan Wakil Bupati.

Sementara jika ada data ganda menurut Wakil Bupati, masyarakat  bisa lapor ke Lurah/Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat. Agar bisa dicroscek dan segera ditangani.


Mengapa Babinsa dan Bhabinkamtibmas? Wakil Bupati menjelaskan bahwa Pemkab Blora pada hari Kamis (14/05/2020), kemarin telah melakukan penandatanganan MoU kerjasama pengawasan penyaluran bantuan sosial dengan Polres dan Kodim 0721/Blora.


Yang mana Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ada di bawah komando Polres Blora dan Kodim 0721/Blora bisa ikut serta melakukan pengawasan karena diberikan data oleh Pemkab, yakni data penerima dari hasil musyawarah desa/kelurahan.


Sekretaris Dinas Sosial P3A Blora, Ir. Tedy Rindaryo, menerangkan bahwa yang dicairkan di Kelurahan Ngawen dan Kelurahan Kunduran ini merupakan JPS atau bansos dari APBD Kabupaten Blora. Masing-masing KPM menerima Rp 200 ribu per bulan selama tiga bulan.

“Selain di Ngawen dan Kunduran, pencairan bansos APBD pada tahap pertama ini juga dilakukan di Kecamatan Blora Kota, Jepon, Cepu, dan Randublatung. Sedangkan untuk BLT Dana Desa juga mulai dicairkan bertahap hari ini, yang siap ada di Kecamatan Kradenan, Cepu, Jiken, Jepon, Sambong dan Todanan,” ungkapnya.


Sementara itu, Suyoto, salah satu warga Kelurahan Kunduran yang berprofesi sebagai petani, mengaku senang bisa memperoleh bantuan dari pemerintah.

“Alhamdulillah senang, sebelumnya belum pernah dapat bantuan. Baru kali ini saya dapat bantuan. Maturnuwun,” ucap Suyoto, singkat.


Berdasarkan keterangan Camat Ngawen, Minar Ami Bin Sarno, S.Sos, MM, di Kelurahan Ngawen ada 325 KPM yang menerima JPS Bansos APBD Kabupaten. Sedangkan di Kelurahan Kunduran menurut keterangan Camat Kunduran, Hartanto Wibowo, S.IP, M.Si ada 252 KPM. (ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Bertekad Sukseskan Pilkada, Sekretariat PPK 16 Kecamatan di Blora Tandatangani Pakta Integritas

BLORA - Bupati Blora H. Arief Rohman bersama  Forkopimda Blora saksikan penandatanganan Pakta Integritas Sekretariat Panitia Pem...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »