Tiga Desa Terisolir, Akibat Putus Jalan Penghubung antar Desa di Jiken

Kondisi Jalan Menuju Ke Kota Blora
BLORA - Jalan penghubung antar desa di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah putus, akibatnya ada 3 desa terisolir.

Akibat hujan lebat yang terjadi beberapa waktu lalu jalan penghubung antar desa di Kecamatan Jiken putus. Putusnya jalan tersebut membuat tiga desa seperti terisolir, lantaran jalan tersebut merupakan jalan utama menuju pusat kota Blora.

Tiga desa itu meliputi desa Nglebur, Bleboh dan desa Janjang ketiganya berada diwilayah Kecamatan Jiken.

"Ini kan merupakan jalan utama antar desa, warga kami merasa terisolir, karena ini satu satunya jalan menuju ke kota," ucap Kepala desa Bleboh, (Selasa, 05/05/2020)

Menurutnya, putusnya jalan ini akibat curah hujan yang tinggi beberapa waktu yang lalu. Karena drainasenya tidak dapat  menampung air hujan, sehingga lama kelamaan mengikis jalan tersebut.

Kades berharap kepada Pemerintah Kabupaten  segera memperbaiki jalan tersebut, agar perekonomian warga bisa berjalan lancar, apalagi ditambah kondisi saat ini, pandemi virus corona. Paling tidak tepinya di bronjong.

Sementara itu,  wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora Siswanto ketika mendatangi lokasi jalan tersebut, mengatakan pihaknya akan mengupayakan percepatan dan mengusulkan ke Pemkab Blora untuk segera diatasi.

"Saya mendengar dari beberapa rekan media, kondisi jalan yang putus didaerah Jiken, ternyata parah. Ini akan kita usulkan percepatan pembangunanya," kata politisi partai Golkar ini.

Ia menambahkan, setidaknya ada empat titik jalan antar desa di Kabupaten Blora yang longsor, Ngawen, Ngliron, Kradenan, dan Jiken,

Namun di Kecamatan Jiken ini lebih parah karena longsor dan putus. Ia akan segera koordinasi dengan Komisi C, DPUPR, dan BPBD serta Bupati Blora untuk menggunakan dana refokusing lantaran kondisinya darurat.

Sopir truk Elpiji Wawan (36th) yang setiap dua minggu sekali merasa was -was jika melewati jalan ini, ia khawatir truknya terperosok.

"Ya takut mas, apalagi kalau hujan licin. Karena ini jalan satu-satunya ke Bleboh, Janjang, dan Ngebur. Segeralah diperbaiki biar lancar," keluhnya.

Kedatangan Siswanto wakil ketua DPRD Kabupaten Blora dari Fraksi Golkar, ke lokasi didampingi oleh Camat Jiken, Catur Pambudi Amperiawan, dan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora.

Untuk diketahui, dari data dilapangan kondisi jalan yang berada di wilayah desa Cabak ini, sebagian terputus dengan kedalaman 12 meter dan lebar kurang lebih 40 meter.

Dan saat ini setelah diurug sementara dengan batu, bisa dilalui kendaran satu jalur saja. Sedangkan lebih dari tujuhribu warga di tiga desa merasa terisolir dengan kondisi seperti ini. (WN/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »