Cara Merawat Sepeda Motor Anda Lama Tak Digunakan

Sepeda Motor Lama Dimodifikasi Masakini

INDONESIA – Karena berbagai macam sebab, terkadang kendaraan, khususnya sepeda motor, bisa tak terpakai dalam jangka waktu cukup lama.

Jika hal demikian yang terjadi, sebagai pemilik kita harus lebih memperhatikan kondisinya agar performa terbaik sepeda motor tetap terjaga.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengatakan, performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri.

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik," kata Endro.

Dia menjelaskan, karena motor lama tidak dipakai, kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerjanya.

Berikut beberapa tips praktis dari Endro Sutarno dan AHM untuk menjaga kondisi motor saat tak digunakan dalam jangka waktu lama:

1. Jika Anda ada rencana tidak akan menggunakan motor untuk jangka waktu cukup lama, lakukan pencucian sepeda motor dicuci terlebih dulu.

”Ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen,” jelas Endro.

2. Lumasi bagian-bagian yang berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

3.  Untuk motor tipe matik, parkir motor dengan standar tengah agar mudah untuk kita melakukan pemanasan mesin.

Source:https://www.tribunnews.com/otomotif/2020/04/07/tips-merawat-sepeda-motor-yang-lama-tak-terpakai
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »