KONSULTASI PUBLIK RPJMD TAHUN 2016-2021

Peserta RPJMD
Blora,- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora menggelar acara Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2016-2021. Acara yang dihadiri oleh Bupati Blora H.Djoko Nugroho, dan Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si di gelar diruang pertemuan Kantor Bappeda Kabupaten Blora, (06/04/2016). Pelayanan kesehatan masih menjadi salah satu topik menarik dalam pembahasan Konsultasi Publik RPJMD sebab masih banyak keluhan masyarakat tentang mutu layanan kesehatan yang masih buruk di Kabupaten Blora.
Di sampaikan oleh Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya mengatakan untuk mencapai pelayanan kesehatan yang responsif salah satunya dengan mengirimkan tenaga medis/ dokter yang kemarin baru saja dilantik menjadi PNS untuk diikutkan magang di rumah sakit bonafide. Kelima tenaga medis yang dikirim adalah mereka yang dilantik beberapa waktu lalu di Pendopo Rumah Dinas Bupati.
"Saya akan kirim kelima dokter yang baru dilantik kemarin untuk belajar ke Rumah Sakit Elisabeth atau ke Bethesda, untuk rakyat sendiri jangan setengah-setengah," ungkapnya.
Lanjut Bupati Blora, peningkatan layanan kesehatan akan tercapai, menurutnya apabila angka kematian ibu (AKI) melahirkan menurun, menurunnya AKB (Angka Kematian Bayi & Balita), meningkatnya status gizi masyarakat, menurunnya angka kesakitan dan kematian penyakit menular dan tidak menular serta akhirnya adalah meningkatnya UHH (Umur Harapan Hidup) masyarakat Kabupaten Blora.
Terkait masalah jalan juga disinggung yakni tentang pembangunan jalan yang melalui tanah milik Perhutani, termasuk pendirian Pal listrik ke wilayah desa yang belum tersentuh penerangan dari PLN. Untuk permohonan perijinan pembangunan sedang diupayakan ke Kementerian Kehutanan dan LH, tembusan ke Dirut Perhutani. "Dinas Pekerjaan Umum dimohon untuk bisa menyelesaikan pekerjaan jalan milik perhutani dalam tahun ini," terangnya.
Lapangan Golf juga tak luput dari pembahasan, dijelaskan oleh Bupati Blora bahwa lahan lapangan golf akan dijadikan wadah kepada para pemuda Blora yang hobby olahraga balap motor agar mempunyai tempat khusus untuk berlatih sehingga tidak mengganggu ketertiban jalan raya, selain itu juga akan dibangun fasilitas olahraga lainnya yang belum ada di Blora. "kita jadikan lapangan golf sebagai teather of the dream nya Blora," ungkapnya.
Masih dipembahasan pembangunan, jembatan penghubung Kradenan (Desa Medalem) menuju Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro saat ini sudah mendapat persetujuan dan dukungan dari berbagai pihak diantaranya Bupati Bojonegoro, Gubernur Jawa Timur, dan Gubernur Jawa Tengah.
Bupati Blora Menjelaskan Pembangunan
Di Kabupaten Blora
Dijelaskan oleh Bupati Blora akan kebutuhan jembatan penghubung yakni untuk mempercepat laju perekonomian Kabupaten Blora wilayah selatan. Dalam bulan April ini pihaknya akan menghadap ke Kementerian PU selain memaparkan rencana pembangunan jembatan Bengawan Solo, juga meminta dukungan dana dari pusat guna realisasi pembangunan jembatan. "Pak Gubernur sudah setuju dan siap membantu, dan proposal akan dimasukkan ke Bappeda Provinsi bulan April ini dan semoga bisa membantu mencarikan bantuan dari dana APBN Pusat," ujar Pak Kokok sapaan Akrab Bupati Blora Djoko Nugroho.
Masih di pembangunan Blora selatan akan memanfaatkan air Bengawan Solo untuk mengatasi kekeringan di Randublatung dan Jati yang setiap tahun terjadi disaat musim kemarau. "Air akan disedot melalui pipa untuk diisikan ke embung besar di Randublatung dan dialirkan hingga Jati," ungkapnya
Untuk rencana pengaktifan kembali lapangan terbang Ngloram, Bupati dan Wakil Bupati terus mengupayakan dan mencari terobosan di kementrian ESDM terkait penggunaan lahan yang akan dijadikan landasan pacu pesawat terbang.
Di kesempatan yang sama Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman M.Si yang juga datang pada acara Konsultasi Publik RPJMD menyinggung tentang tentang keterbukaan informasi publik yang dikemas dalam himbauan pembuatan akun twitter dan media sosial lainnya seperti facebook dll kepada seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Akun tersebut menginformasikan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing SKPD. “Saat ini semua kejadian dan permasalahan bisa dengan cepat tersebar luas dengan didukung kemajuan teknologi yang ada. Seluruh SKPD juga dituntut bisa lebih cepat memberikan respon atau solusi terhadap permasalahan yang sedang dialami masyarakat," jelasnya.
Diungkapkan juga oleh Wakil Bupati Blora Arief Rohman M.Si tentang rencana kemudahan jalur akses masuk Kabupaten Blora dengan mencari terobosan keberbagai pihak seperti peningkatan status jalan Rembang Blora Bojonegoro menjadi jalan nasional, meminta dibuatkan pintu keluar masuk jalan tol yang melewati Kabupaten Ngawi yakni jalan terdekat menuju Blora.
"Akan kita permudah jalur akses masuk Blora, selain jalan darat juga permintaan ke PT.KAI untuk kereta api cepat bisa berhenti 3 atau 5 menit di stasiun Cepu. Termasuk juga pengaktifan kembali lapangan terbang Ngloram," jelas Arief Rohman yang saat ini sedang meneruskan studinya untuk meraih gelar Doktor.

Tak hanya itu, pengentasan kemiskinan juga disampaikan oleh Arief Rohman bahwa untuk menekan angka kemiskinan di Kabupaten Blora perlu adanya campur tangan dan kerjasama dari berbagai pihak. Dicontohkan seperti pemberian bantuan UMKM ke warga miskin, disini peran dari sektor perbankan mengucurkan modal dengan bunga yang rendah, dunia usaha yang sukses ikut membantu dalam pemasaran hasil produksi UMKM. "Untuk mengentaskan kemiskinan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, harus dikeroyok bersama-sama," ucapnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »