PETANI DESA NGLOBO MENERIMA GANTI RUGI YANG TERAKHIR

Penyerahan Ganti Rugi Terakhir di Balaidesa Nglobo
Blora,- Delapan petani warga masyarakat Desa Nglobo Kecamatan Jiken  kembali menerima uang ganti rugi tanam tumbuh terakhir dari SKK Migas - PT Pertamina EP Cepu ADK (SKK Migas - PEPC ADK) di balai desa Nglobo kemarin, akibat kejadian semburan liar di area sekitar sumur NGBU-04 yang terletak di Desa Nglobo.
Sekedar mengingat kembali bahwa pada bulan Desember 2014 yang lalu telah terjadi 45 titik semburan air bercampur dengan lumpur dan kondensat yang keluar dari dalam tanah persawahan milik warga masyarakat Nglobo juga keluar di wilayah kawasan hutan BKPH Nglobo karena dalam proses kerja ulang (Re-Entry) sumur NGBU-04 mengalami kebocoran.
Dan akibat semburan tersebut para petani tidak berani lagi bercocok tanam di sawah. selanjutnya pada tanggal 16 januari 2015 SKK Migas - PEPC ADK memberi uang ganti rugi kepada petani yang sawah ladangnya terkena semburan selama satu tahun.
Ganti Rugi Yang Terakhir
Sedangkan uang ganti rugi yang diberikan kali ini adalah ganti rugi tanam tumbuh terakhir sampai bulan oktober depan karena saat ini semua titik-titik semburan sudah tidak keluar lagi karena SKK Migas - PEPC ADK sudah berupaya menutup seluruhnya.
Camat Jiken Joko Sulistiyono membenarkan itu semua dan dirinya juga menjelaskan walaupun telah memberi ganti rugi yang terakhir, sebelum penyerahan pada bulan oktober mendatang tanah persawahan yang terkena limbah akan terlebih dahulu direklamasi agar kesuburan tanah kembali seperti semula. "Kita menjaga kemungkinan kalau masih ada gas atau kondensat yang terjebak di dalam tanah," tandas Joko Sulistiyono.

Admin & Operation Manager PEPC ADK Dodi Jatnika juga berharab dukungan serta kerjasama seluruh stakeholder terkait, dan juga masyarakat Desa Nglobo Kecamatan Jiken karena pada bulan ini sedang mempersiapkan pelaksanaan pengeboran di wilayah Nglobo. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »