Poltekkes Pamerkan Sabun Cuci Dari Minyak Jelantah Di Expo2019

Stand Poltekkes Blora
BLORA - Di dalam kegiatan  Expo Blora 2019, Poltekkes Kemenkes Semarang juga ikut menyajikan ketrampilan mahasiswanya, Disamping  ada cek Gula Darah Gratis,  ada karya mahasiswa membuat  Sabun Cuci Dari Minyak Jelantah.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi  Kabupaten Blora ke-270, Pemerintah Kabupaten Blora menggelar pameran hasil kreatifitas dan inovasi (krenova). Pameran ini diikuti kantor kantor pemerintah, 16 Kecamatan di Kabupaten Blora dan lembaga pendidikan se-Kabupaten Blora di sepanjang Jalan Pemuda.

Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi DIII Keperawatan Blora, ikut  serta ambil bagian dalam kegiatan ini. Berada di stand Expo Blora nomor 75, Prodi keperawatan menyelenggarakan cek pemeriksaan gula darah dan pengukuran tensi (tekanan darah) secara gratis bagi pengunjung pameran.

Ketua Program Studi D III Keperawatan Blora Poltekkes Kemenkes Semarang,  Joni Siswanto, SKep, Ners, MKes   melalui Humas Prodi Keperawatan  Yuni Astuti, memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Blora atas terselenggaranya Expo Blora 2019. Sehingga Prodi Keperawatan bisa ikut berperan dalam  mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana belajar dan melatih mahasiswa kami untuk belajar bagaimana memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkap Yuni Astuti.

Yuni Astuti menambahkan bahwa saat ini, Kampus Poltekkes Blora sangat support dengan upaya pemerintah dalam program mengurangi sampah, baik sampah organik maupun sampah anorganik. Sehingga Stand Poltekkes  juga menampilkan produk krenova berupa sabun cuci dari minyak jelantah dan eco enzyme (pembersih alami serba guna) dari sampah organik.

“Sabun jelantah dan eco enzyme ini dibuat oleh mahasiswa yang tergabung dalam Sabda Pala, yaitu mahasiswa yang tertarik dan berminat dalam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) pecinta lingkungan,” imbuhnya.

Pemikiran mahasiswa Poltekkes, lanjut Yuni bahwa minyak jelantah yang selama ini hanya dibuang begitu saja, akan mencemari lingkungan sehingga membuat tanah menjadi tidak subur. Dan ternyata di tangan mahasiwa Prodi Keperawatan serta arahan dari dosen pembimbing, minyak jelantah bisa diolah menjadi sabun cuci.

"Pembersih alami ini bisa digunakan untuk mencuci piring, membersihkan lantai rumah, lantai kamar mandi, membersihkan kaca, furniture dan bahkan bisa dipakai untuk merendam pakaian yang kotor sebelum dicuci," ucap Humas Prodi Keperawatan dengan semangat seperti sales yang sedang menjajakan dagangannya.

Sementara itu, Dosen yang mendampingi dalam kegiatan Expo Blora 2019, Jarot Sugiharto mengatakan tercatat sebanyak 75 pengunjung yang bersedia melakukan pemeriksaan gula darah gratis dan ratusan pengunjung yang menghendaki untuk diperiksa tekanan darahnya.

“Selain cek gula darah, kami juga melakukan pemeriksaan tekanan darah gratis bagi pengunjung yang hadir ke stand kami,” ucap Jarot Sugiharto sambil mendampingi anak didiknya di stand expo Blora. (HR/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Temu Petani Tebu Blora dengan Pendiri Pabrik Gula Rembang

BLORA — Dalam acara temu kangen, seorang pengusaha Kamajaya yang dulu membidani Pabrik Gula (PG) Blora bertemu dan berdialog de...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »