Pertama Kali Rekrut Puluhan Anggota Linmas Perempuan Di Blora

Pelatihan Linmas Perempuan

BLORA - Pemerintah Desa Cabak selama dua hari, Selasa - Rabu 03  - 04 Desember  2019, bertempat di Pendopo Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, melaksanakan pelatihan kepada 35 personel sukarelawan Linmas Perempuan, setelah melakukan rekrutmen di Balai Desa Cabak.
Kepala Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora,  Ngadenan, mengungkapkan tujuan rekrutmen Linmas Perempuan, adalah untuk menjaga dan melindungi Desa, agar tetap kondusif, aman dan nyaman, bagi seluruh warga. Rabu (03/12/2019)
"Rekrutmen relawan Linmas Perempuan memang kami buka di Desa, dan ternyata peminatnya sangat banyak, bahkan ada yang berstatus sebagai mahasiswi, 2 orang, yang masih kuliah di Universitas ternama, yang membuka perkuliahan di Blora, motivasinya adalah untuk ikut membantu Desa," ungkapnya.
Lebih lanjut, Ngadenan mengatakan Rekrutmen Linmas Perempuan di gembleng oleh TNI Polri
yang memberikan materi Bela Negara dan ketrampilan lainnya kepada personel Sukarelawan Linmas Perempuan Desa Cabak sebagai bentuk pembekalan dan pengetahuan.
"Personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang dulunya bernama Pertahanan Sipil (Hansip) umumnya merekrut para pria, dan peminatnya rata - rata orang yang sudah tua, namun kali ini, Pemerintah Desa Cabak, Kecamatan Jiken membuka rekrutmen anggota Linmas untuk perempuan, sebanyak 35 personel," jelas Kepala Desa Cabak.
Dalam pelatihan yang bertempat di pendopo Kecamatan Jiken meliputi, Pemberi materi pelatihan Linmas dari Sat Pol PP Kabupaten Blora
Saat dikonfirmasi terkait materi - materi yang disampaikan, menjelaskan bahwa untuk pelatihan personel Linmas Perempuan tersebut, termasuk pengetahuan menghadapi bencana, bahkan ini pertama kalinya terjadi di Blora, makanya kami prioritaskan pelatihannya, agar bisa diikuti Desa - Desa lain di Blora, sepertinya ini adalah pilot project.
"Materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber,  meliputi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penanganan Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat, Pengamanan dan Perlindungan Masyarakat, Peraturan Baris - Berbaris, Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana, dan Pelaksanaan Dapur Umum," papar Pujo, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Blora, yang merasa takjub adanya perekrutan personel Sukarelawan Linmas Perempuan.
Perekrutan Linmas tersebut mendapatkan apresiasi dari TNI Polri,
Apresiasi adanya perekrutan anggota Linmas Perempuan di Desa Cabak, dari Kapolsek Jiken
Iptu Eko Septi Supriyono, SE. dan juga mendapatkan apresiasi dari Danramil 0721/06 Jiken.
Pada kesempatan itu, Danramil Jiken, Kapten CZi Sundiro, yang ikut memberikan paparan tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara pada kegiatan tersebut, sangat mendukung inisiatif Kades Cabak kali ini.
"Kami sampaikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, kepada personel Linmas Perempuan tersebut, adalah untuk memberikan pengetahuan tentang sejarah perjuangan Bangsa dan Negara kita, sehingga nantinya mereka bisa menularkan semangat ini kepada warga, termasuk untuk mengantisipasi gangguan dan halangan dari dalam, yaitu terorisme dan radikalisme," ujarnya.
Sementara itu, Kapolsek Jiken, Iptu Eko Septi Supriyono,SE juga mendukung perekrutan tersebut, yang bertujuan untuk menciptakan ketentraman dan ketertiban di lingkungan Desa Cabak dan sekitarnya.
"Untuk menciptakan situasi yang tertib dan aman, jelang Pilkada 2020, perlu juga disiapkan personel Sukarelawan Linmas dari perempuan, kami siap mendukung dan membantu demi terciptanya kondusivitas wilayah Jiken dan sekitarnya," pungkas Iptu Eko Septi. (HR/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »