Operasional KA di Stasiun Doplang Kembali Normal

Pembersihan Jalur Rel
Stasiun Doplang 
BLORA - Berbagai upaya normalisasi jalur Kereta Api (KA) di Stasiun Doplang terus dilakukan oleh pihak PT KAI Daop 4 Jawa Tengah, pasca  peristiwa tergulingnya KA Barang bermuatan semen, Kamis (12/12/2019) lalu.

Saat ini jalur 2 terbebas dari matrial gerbong yang tergelincir, petugas KAI bergegas menata bantalan beton dan rel yang sudah dipersiapkan.

"Upaya keras ini, berhasil menyambungkan kembali jalur II di emplasement Stasiun Doplang sebagai jalur hulu dengan jalur lainnya, Jumat (13/12/2019) pkl.05.30 WIB pagi," ungkap Kristiono humas PT KAI daop 4, Sabtu (14/12/21012).

Lebih lanjut Kristiono  menjelaskan, bersamaan itu pula evakuasi gerbong gerbong terus dilakukan dengan bantuan 2 unit crane dengan kapasitas angkat masing-masing 100 ton.

"Pengisian dan pemadatan batu balas kricak di jalur II dikebut untuk segera dapat digunakan kembali melayani operasional KA," jelasnya.

Dan pada pkl.07.00 WIB Imbuhnya, jalur rel  dinyatakan bisa dilewati KA dengan kecepatan terbatas 5 km/jam dengan di uji coba gerakan langsiran kereta pertolongan dan gerbong datar.

"Dengan berhasilnya dilewati jalur II tersebut, maka Stasiun Doplang siap melayani operasi KA kembali," jelas Kristiono.

Untuk diketahui, Jumat  (13/12/2019) KA pertama yang berhasil lewat dengan aman yakni KA Barang 2524 pada pkl.09.46, dan KA 268 Maharani tujuan Surabaya sebagai KA kedua, serta KA Barang 2514 sebagai Ka ketiga yang lewat dengan aman.

Selanjutnya, tepat pkl.13.45 peningkatan kecepatan di jalur II berubah dari yang semula hanya 5 km/j menjadi 20 km/j, ini membuktikan semakin mantap kontruksi  rel jalur II tersebut.

Salah seorang petugas crane, Suparno yang sedang melakukan proses pembersihan jalur, mengatakan bahwa upaya evakuasi gerbong yang rusak terus dilakukan dengan bantuan gerbong datar sejumlah 8 gerbong yang berasal dari Stasiun Semarang Poncol dan Alastua.

"Hari ini jalur I di Stasiun Doplang sudah terbebas dari matrial gerbong rusak yang menghalangi dan siap untuk dinormalkan kembali," kata Nono panggilan akrabnya. (HR/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »