ASPPEHORTI DAN PERHUTANI KPH BLORA BAGI-BAGI BIBIT PISANG GRATIS DI CAR FREE DAY

Warga Berebut Bibit Pisang Gratis Di Area CFD Blora
Blora,- Asosiasi Petani Pengolah Hortikultura (ASPPEHORTI) Jawa Tengah dan Perum Perhutani KPH Blora membagikan ratusan bibit pisang gratis kepada warga masyarakat pada momen Car Free Day (CFD) di seputar Alun-Alun Blora, (05/06/2016). Bibit tersebut dibagikan, selain untuk menggaungkan pencanangan sentra industri hortikultura pisang di wilayah Kabupaten Blora juga mengajak warga masyarakat untuk menanam dan budidaya pisang yang bernilai ekonomis di lingkungan pekarangan. Selain bibit pisang ulin yang dibagikan, warga yang sedang menikmati CFD juga dipersilahkan menikmati hasil buah pisang itu dari yang ditanam dilahan milik Perhutani Blora.
Administratur Perhutani KPH Blora Joko Sunarto, S.Hut mengemukakan bahwa buah pisang sudah familier bagi petani hutan. Di banyak tempat kawasan hutan juga bagus ditanami pisang sehingga pengembangan pisang di lahan hutan bisa dilakukan dengan rekayasa sistem pola tanam agroforestry. “Pembagian bibit pisang ini adalah suatu wujud tekat kita untuk mewujudkan Jawa Tengah sebagai sentra buah pisang yang dapat dikembangkan oleh warga masyarakat secara mandiri,” ujar Joko Sunarto.
Selanjutnya, kata Adm Perhutani KPH Blora, akan disiapkan secara maraton budidaya pisang oleh masyarakat dengan memanfaatkan lahan milik masing-masing keluarga sehingga lahan yang tadinya kosong bisa memberikan jaminan penghasilan secara optimal setiap periode waktu tertentu.  
Sementara itu, Wakil Adm Perhutani KPH Blora Asep Ruskandar, S.Hut. yang ikut dalam acara tersebut menjelaskan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan warga Kabupaten Blora agar mau menanam pisang dipekarangan sekitar rumahnya. “Kami berharap dengan pembagian bibit secara gratis ini mampu memotivasi warga masyarakat untuk mencintai dan menanam pohon pisang yang bernilai ekonomis,” kata Asep Ruskandar, di sela-sela pembagian bibit pisang gratis dalam Car Free Day.   
Diharapkan oleh Asep Ruskandar, beberapa lahan kosong di  kebun milik warga Blora berpotensi untuk pengembangan agro sehingga ditargetkan Kabupaten Blora menjadi penghasil pisang terbesar di Jawa Tengah. Oleh karena bibit pisang yang dibagikan tersebut merupakan bibit yang berhasil dikembangkan oleh salah satu petani horti dari Kabupaten Rembang.  

Dalam pembagian bibit pisang gratis tersebut, nampak warga yang sedang menikmati CFD di alun-alun Blora sangat antusias untuk mendapat bibit yang dibagikan secara gratis itu. Masing-masing mendapatkan satu hingga dua bibit. Untuk sementara bibit pisang yang dibagikan sebanyak 500 biji. “Ya kami senang dan terimakasih kepada Perhutani, bibit pisang ini akan saya tanam di pekarangan rumah,” kata Totok salah seorang warga Kelurahan Mlangsen yang ikut mengambil bibit pisang. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »