PENANDATANGANAN PERJANJIAN PEMBIAYAAN HUTAN RAKYAT KABUPATEN BLORA TAHUN 2016

Penandatanganan Perjanjian Pinjam Tunda Tebang Hutan
Blora,- Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si menghadiri acara Pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Pinjam Tunda Tebang Hutan Rakyat dan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Debitur Penerima FDB yang diselenggarakan oleh Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. (16/06/2016).
Hadir dalam acara ini Kepala Badan Layanan Umum Pusat P2H Ir. Agus Isnantio Rachmadi, MSc, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Blora Ir. Sutikno Slamet, Yeni Dwi Rahayu, SH, M.Ik selaku Notaris, Perwakilan Bank BRI, serta 6 Kelompok Tani Hutan Rakyat Kabupaten Blora.
Pemerintah Daerah Kabupaten Blora bekerja sama dengan BRI akan mengucurkan pinjaman sebesar Rp. 3.440.410.000,00 kepada 6 Kelompok Tani Hutan Rakyat yaitu Kelompok Tani Hutan Rakyat Jati Mulya Desa Purworejo Kecamatan Blora, Kelompok Tani Hutan Rakyat Jati Barokah Desa Jati Kecamatan Jati, Kelompok Tani Hutan Rakyat Karya Mandiri Desa Jegong Kecamatan Jati, Kelompok Tani Hutan Rakyat Jati Agung 3 Desa Sumber Kecamatan Kradenan, Kelompok Tani Hutan Rakyat Sudung Mulyo Desa Wado Kecamatan Kedungtuban, dan Kelompok Tani Hutan Rakyat Jati Aji Desa Cokrowati Kecamatan Todanan. Keenam Kelompok Tani Hutan Rakyat ini terdiri dari 135 anggota yang nantinya akan menerima Pinjaman Tunda Tebang Hutan Rakyat dengan bunga 6,75% per tahunnya.
Kepala Badan Pusat P2H Ir. Agus Isnantio Rachmadi menjelaskan bahwa kegiatan akhad kredit ini telah dilakukan selama empat kali di Blora dengan total jumlah penerima 523 petani hutan rakyat. Tujuan dari pemberian pinjaman ini adalah untuk mendukung upaya menunda penebangan pohon agar dicapai umur masak tebang sehingga diperoleh nilai jual pohon yang optimal serta mendukung kegiatan ekonomi produktif guna membantu peningkatan kesejahteraan penerima Pinjaman Hutan Rakyat.
Penundaan tebang pohon ini dilakukan selama 8 tahun, tidak diinginkan adanya penebangan pohon kurang dari 8 tahun meskipun pohon mengalami gangguan. Penundaan tebang pohon juga bertujuan untuk masa penggemukan pohon serta pemanfaatan pohon sebagai sumber oksigen.
Penandatanganan Perjanjian
Kedepannya Agus Isnantio Rachmadi berharap agar para debitur dapat menggunakan pinjaman dengan sebaik-baiknya contohnya untuk penggemukan ternak, modal usaha, pertanian, serta untuk membuka jasa. Apabila terdapat masalah selama melakukan pinjaman, para debitur dapat melaporkannya kepada Badan Layanan Umum.
Selain itu, Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman M.Si mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho, meminta kepada seluruh debitur untuk memanfaatkan pinjaman dengan sebaik mungkin. Juga meminta debitur untuk mengajak tetangga maupun sanak saudara turut melakukan tanam hutan rakyat yang sangat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. "Kepada para penerima pinjaman, saya minta untuk menjaga dan memelihara penanda pohon yang berisi nomor dan ukuran keliling pohon tanaman yang ditunda tebang, serta tunaikan kewajiban anda untuk melunasi pinjaman yang sudah diberikan, sesuai dengan batas waktu yang telah disepakati bersama," ujarnya.
Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman M.Si juga meminta kepada Kepada Dinas terkait untuk senantiasa melakukan pendampingan dan pengawasan kepada para debitur, sehingga dana pinjaman yang dikucurkan kepada para debitur dapat tepat guna, tepat sasaran dan tepat waktu pembayaran. Nantinya akan dilakukan pengecekan lapangan yang bertujuan untuk memantau pertumbuhan hutan rakyat yang ada di Blora.

Dalam acara ini juga dilakukan akhad kredit yang dilakukan para debitur dihadapan notaris serta disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman M.Si, Kepala Badan Layanan Umum Pusat P2H Ir. Agus Isnantio Rachmadi, MSc, dan Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Blora Ir. Sutikno Slamet. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »