KETERSEDIAAN DAGING HEWAN DI BLORA SUDAH MEMENUHI SYARAT ASUH

Penjual Daging Di Pasar Blora
Blora,- Selama bulan Ramadan hingga Lebaran Idul Fitri 1437 H / 2016 M dijamin cukup dan aman dikonsumsi daging oleh Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunnakikan) Blora menyatakan kebutuhan daging (ayam, kambing dan sapi).
Terkait hal tersebut, Kepala Dintanbunnakikan Blora Ir. Reni Miharti mengatakan, pihaknya telah mengikuti rapat di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. “Hari ini saya sedang mengikuti rapat di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah terkait ketersediaan daging selama bulan Ramadan dan hari besar,” kata Kepala Dintanbunnakikan Blora, Ir. Reni Miharti, (07/06/2016).
Memenuhi syarat ASUH
Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, Dintanbunnakikan Blora, drh. Asngadi mengungkapkan, pihaknya berupaya optimal melakukan pemantuan kesehatan daging yang ada dipasaran. Daging hewan yang dijual  telah memenuhi syarat ASUH, yakni Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). Secara rutin, menurut dia, telah menerjunkan tim untuk sidak di pasar khususnya pasar induk Blora.
Dijelaskannya, menjelang puasa Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri konsumsi daging dan telur bagi warga masyarakat dipastikan meningkat. Sehingga penjualan daging di pasaran juga mengalami peningkatan. "Meningkatnya permintaan daging, diduga sering dimanfaatkan oknum pedagang maupun produsen dengan menjual daging yang tidak layak konsumsi, tapi kami jamin di Blora aman,” ujarnya.
Sebagai upaya pencegahan, kata dia, petugas mendatangi pedagang yang menjual daging kemudian melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan daging dilakukan dengan PH meter. Mulai fisik dan asal mula daging ditanyakan petugas kepada penjual di pasar induk Blora.

Dari pemeriksaan diketahui bahwa daging layak dikonsumsi, karena tidak mengandung bakteri dan  penyakit serta tidak ada daging glonggongan. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »