TRADISI GAS DESO MERIAH DI DESA KAJENGAN TODANAN

Perayaan Gas Desa Meriah
Di Desa Kajengan Kecamatan Todanan

Blora,- Di wilayah Kabupaten Blora tradisi gas deso (sedekah bumi) atau bersih desa memang sudah berlangsung sejak dulu kala. Bahkan sudah sejak dari jaman nenek moyang para pendahulu.

Demikian juga di Desa Kajengan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora sampai saat ini masih memegang teguh tradisi tersebut. Seperti yang baru saja dilakukan hari ini Minggu (15/04/2018) berlangsung sangat ramai. Hampir seluruh warga Desa Kajengan tumpah ruah di Sendang desa untuk melaksanakan hajatan yang dipimpin langsung oleh Camat Todanan Kiswoyo SH. M.Si dan Kades Kajengan Sugianto.

Acara tepat dimulai pukul 09.00 WIB berlangsung khidmat,” ucap Camat Todanan Kiswoyo usai mengikuti ritual tersebut.

Menurutnya, Ada yang unik di acara sedekah bumi ini yaitu cara membawa nasi bungkus, buah-buahan hasil bumi dari rumah warga sampai lokasi yaitu dengan cara dipanggul.

Kalau istilah orang jawa dipikul. Juga ada ritual unik bagi warga yaitu setelah sampai sendang desa semua warga secara bersama-sama membasuh muka dengan air sendang.

Warga percaya dan berkeyakinan dengan membasuh muka tepat pada acara sedekah bumi bisa membikin wajah tampak selalu awet muda,” tandasnya.

Sementara itu, Kades Kajengan Sugianto mengatakan bahwa ritual seperti ini sudah dilaksanakan sejak dulu dan turun temurun, bahkan semenjak saya masih kecil sudah ada kata Kades kepada wartawan saat ditemui di tempat acara.
Kita tetap melaksanakan dan nguri uri budaya desa yang masih dilaksanakan dengan baik sampai saat ini, tambah Kades.

Dilain pihak Camat Todanan Kiswoyo SH. M.Si dalam sambutanya dalam acara tersebut berharap agar warga selalu menjaga tradisi yang sudah berlangsung bertahun-tahun  ini dengan baik.

Juga warga agar selalu menjaga kekompakan yang selama ini sudah berjalan dengan baik. Camat juga berharap agar warga mendukung pemerintahan yang dipimpin kades Sugianto.

“Agar Kades kedepan bisa membawa desa lebih maju dan mengedepankan sifat kegotong royongan sesama warga,” tegas Camat Todanan.

Acara sedekah bumi tersebut juga dimeriahkan hiburan tradisional yaitu kethoprak sehari semalam untuk menghibur warga masyarakat,  khususnya desa Kajengan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. (Heripur)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »