DEKLARASI ODF BLORA DAN GERMAS HIDUP SEHAT


Deklarasi ODF Dan Germas
Wilayah Kecamatan Blora
Di Blok T
Blora,- Jumat 27 April 2018 pukul 06.30 s.d 08.30 WIB bertempat di Komplek Blok T Terminal Lama Kabupaten Blora telah dilaksanakan kegiatan deklarasi Open Defecation Free (ODF) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sat (Germas) yang dihadiri lebih kurang 300 orang.

Ketua Panitia penyelengara ODF Germas dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pagi ini semoga bisa bermanfaat, Perubahan gaya hidup masyarakat maka dapat terjadi pergeseran penyakit.

Lanjutnya. Berlaku hidup peaksanaan dari keluarga, Pembelajaran dan kemandirian. Konsumsi sayur buah tidak merokok dan mengunakan jamban yang sehat ditunjangn dengan kegaitan fisik 30 menit per hari.

Mengkonsumsi buah dan sayur serta 6 bulan sekali periksa kesehatan untuk mendeteksi penyakit pada tubuh kita,” katanya.

Kegiatan ini dalam rangkaian kegiatan senam bareng ODF dan Germas. “Kegiatan  pagi ini mudah-mudahan penuh barokah. Germas ini di dalamnya ada 6 gerakan masyarakat / Germas yang di dahului dengan aktifitas fisik,” ucap Sarmidi Camat Blora dalam sambutannya.

Konsumsi, lanjut Sarmidi, buah dan sayur, Pemeriksaan kesehatan secara rutin di UPT Puskesmas Blora dan UPT Puskesmas Medang. Pemcegahan dan penangulangan stanting penyakit-penyakit di era digital ini sangat luar biasa dan muncul berbagai penyakit, yang penting kesehatan dan pendidikan katanya.                       

Sementara itu, Kadinas Kesehatan Blora Dr. Heny indriyani mengatakan bahwa di Kecamatan Blora ke-2 yang mendeklarasikan ODF ini yang pertama Kecamatan Cepu. Di bulan Nopember 2018 Kabupaten Blora sudah ODF.

Tidak hanya dinas kesehatan yang bertanggung jawab, termasuk masyarakat harus berusaha keras seluruhnya dan harus di bantu semua sektor oleh seluruh komponen masyarakat.

Lebih lanjut Dr. Heny menjelaskan bahwa pada saat makan harus ada sayur dan buah. Terlalu banyak nasi hidup kita tidak sehat. Tensi gula darah kolesterol, rokok efeknya pada anak-anak dan ibu-ibu tidak baik. Sehingga Blora bisa meningkatkan indek pembangunan kesehatan.

Kalau merokok di belakang rumah saja. Rajinlah berolah raga, Istirahat yang cukup, maksimal jam 10 malam hrus istirahat,” tegas Kadinas Kesehatan Blora.  (JW/Heripur)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »