Uji Landasan 1200 Meter Sudah Sesuai Dengan Spesifikasi

Landasan Bandara Ngloram
Di Cepu Blora Jawa Tengah
BLORA - Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Polana Banguningsih Pramesti, didampingi Direktur Bandara, Praminto Hadi, pada Sabtu sore kemarin (11/01/2020) telah melakukan uji landasan Bandara Ngloram, sepanjang 1200 meter itu,  hasilnya sudah sesuai dengan spesifikasi teknis kelayakan landasan bandara untuk pesawat.

"Tadi telah kita coba landasannya, bagus dan telah diuji sebelumnya oleh Otoritas Bandara ini, tinggal melanjutkan pemasangan lampu - lampu Bandara,  pembangunan fasilitas seperti terminal, menara pengawas dan pengatur lalu lintas pesawat, appron, dan akses jalannya, ya kami harap bisa selesai tepat waktu, 2021 nanti bisa beroperasi," ujar Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti.

Seperti diketahui, pembangunan tahap pertama, adalah perpanjangan runway 300x30 meter, perbaikan runway eksisting, taxiway dan marking landasan dan jalan, dan pembangunan pagar area Bandara, yang dibiayai sebesar Rp.25  Milyar lebih dari APBN Tahun Anggaran 2019. Pelaksana adalah PT Celta - Sega melalui Kerja Sama Operasi (KSO), dengan masa pengerjaan 180 hari. Sesuai dengan papan proyek yang terpasang di area Bandara. Namun saat awak media, meliput uji landasan Bandara Ngloram, akses jalan ternyata belum digarap, kondisi jalan berlumpur dan licin, hanya ada penggarapan drainase di kanan kiri jalan.

"Kok jalannya Bandara masih seperti ini ya, dibangun kapan ini jalannya," tanya salah seorang warga, yang datang ingin melihat uji landing pesawat di Bandara Ngloram.

Meskipun terlambat 4 jam lebih dari rencana semula, warga masyarakat yang ingin menyaksikan uji landing pesawat, bukannya berkurang, malah bertambah. Mereka berdatangan bersama keluarga, dan sabar menunggu datangnya pesawat. Bahkan mereka masuk area landasan untuk sekedar ber-selfie ria, dan jalan - jalan, duduk  - duduk sambil ngobrol, bersama handai taulan, teman dan keluarganya, termasuk seorang kreator konten atau YouTuber, seperti Dimas Zaenal, yang terkenal dengan konten YouTubenya, yaitu "Keluarga Super"

"Ini momen bersejarah, Blora akan punya Bandara lagi, kami sebagai warga Blora, sangat senang, semoga banyak investor yang datang ke Blora, dan membuka pabrik di Blora, biar masyarakat Blora bisa bekerja, otomatis Blora akan tumbuh ekonominya," ungkap Dimas Zaenal, seorang YouTuber, yang juga asli dari Cepu.

Sementara itu, Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang, SIK, MH, bersama Dandim 0721/Blora, Letkol Inf Ali Mahmudi, SE, telah bahu - membahu  menyiapkan personel untuk pengamanan pelaksanaan proyek lanjutan Bandara Ngloram.

"Dengan adanya Bandara Ngloram, nantinya akan menjadi objek vital milik negara yang harus kita jaga dan kawal, baik dalam masa pembangunan, maupun operasionalnya nanti, penambahan personel untuk wilayah Cepu, bisa dimungkinkan, kita akan gandeng TNI juga dalam pengamanannya," ungkapnya kepada para awak media. Saat memimpin pengamanan uji landasan Bandara Ngloram oleh Dirjen Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti, mewakili Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang urung hadir di Ngloram, Cepu. (JWN/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »