Menuju Zona Integritas, Propam Polres Blora Sidak Pelayanan SSB

Pelayanan Samsat Blora
BLORA - Untuk mengantisipasi terjadinya praktek pungutan liar (Pungli) dan sebagai langkah mewujudkan Zona Integritas di Polres Blora. Seksi pengawasan internal dari Propam Polres Blora, memantau langsung pelayanan di Kantor pelayanan Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Selasa (21/01/2020).

Dalam pemantauan tersebut Kasi Propam Iptu Sunarto bersama lima anggotanya, melakukan pengecekan terhadap semua kantor pelayanan baik petugas maupun masyarakat yang ada di Kantor pelayanan tersebut.

Mulai dari pelayanan cek fisik kendaraan bermotor, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), tempat pemandu pelayanan informasi, loket pendaftaran, loket penyerahan, ruang kerja dan ruang arsip serta ruang uji praktek SIM semuannya tak luput dari pantauan langsung oleh anggota Propam.

Bahkan, untuk memastikan tidak adanya praktek Pungli, Iptu Sunarto juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan pengunjung dan bertanya tentang mekanisme dan mutu pelayanan, yang diberikan oleh petugas.

Usai memantau langsung semua pelayanan di Kantor Samsat, SIM dan BPKB (SSB), Kasi Propam Iptu Sunarto, mengatakan jika pemantauan langsung ini untuk memastikan tidak adanya praktik pungli disemua sektor pelayanan public Kepolisian.

“Tindakan ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan yang baik kepada masyarakat, juga mencegah terjadinya calo dan pungli di tubuh Polri,” Katanya.

Menurutnya, selain untuk memastikan pelayanan bebas dari calo dan pungli, pihaknya juga meminta kepada petugas baik yang ada di kantor Samsat, SIM dan BPKB untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang baik, ramah dan transparan.

“Ramah, professional dan proses cepat itulah pelayanan yang didambakan masyarakat saat ini,” ujarnya.

Langkah pemantauan tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat karena adanya pengawasan yang ketat akan mencegah terjadinya praktek pungli, sesuai perintah Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, S.I.K, M.H.

"Kepada masyarakat, dihimbau apabila menemukan petugas yang tidak memberikan pelayanan maksimal, bahkan pungli dapatnya disampaikan kepada Pelayanan aduan Sipropam Polres Blora," pungkas Iptu Sunarto.  (ADY/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Rapat Paripurna DPRD Blora perihal Penyampaian Ranperda tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Blora 2023

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar rapat paripurna dengan acara penyampai...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »