Sekolah Gratis, SMKN 1 Blora Kembalikan Uang SPP Puluhan Juta

SMKN 1 Blora

BLORA – Kabar gembira bagi para siswa-siswi setingkat SMA Negeri di Jawa Tengah (Jateng) kini dibebaskan dari iuran orang tua (IOT) maupun Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). 

Kebijakan ini tercantum di edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah tentang Pembiayaan Penyelenggara Pendidikan.
Surat Edaran (SE) Nomor  420/2020 tertanggal 02 Januari 2020 ini telah diedarkan ke sekolah-sekolah. Para siswa yang bisa menikmati fasilitas ini yakni siswa-siswi SMA, SMK, dan SLB. Berlaku bagi siswa SMK/SMA/SLB Negeri mulai Januari 2020.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga telah menindaklanjuti pelaksanaan program tersebut dengan memberi arahan agar sekolah mengembalikan uang SPP siswa yang telanjur dibayar.

Kepala SMK Negeri 1 Blora, Bambang Winarso menjelaskan, sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan soal pengembalian uang SPP, pihaknya telah mensikapi dengan baik. Hal ini sebagai wujud dari pihak sekolah dalam mendukung program pendidikan gratis di Provinsi Jawa Tengah.

Menurutnya, SMKN 1 Blora juga bakal mengembalikan yang sudah terlanjur bayar SPP untuk kelas X, XI dan XII sebanyak 1.684 siswa dengan total uang mencapai 36,9juta rupiah.
Jumlah 36,9juta rupiah  tersebut, hanya 6,75 persen SPP yang dibayarkan pada bulan Januari hingga Juni 2020 sebesar 547,5 juta rupiah.

“Kami SMKN 1 Blora bakal mengembalikan kelebihan bayar SPP, mulai dari bulan Januari 2020 dan seterusnya. Total kelelebihan yang harus dikembalikan sebesar  36,9 juta rupiah. Ini kita kembalikan kepada yang berhak,” kata Bambang Winarso saat ditemui awak media diruang kerjanya, Kamis (16/01/2020).

Karena Gubernur, sambung Bambang sudah menginstruksikan bahwa pendidikan SMA/SMK/SLB  di Jawa Tengah gratis.

“Mekanisme pengembalian uang SPP, sekolah akan mengecek administrasi SPP siswa terlebih dahulu. Sehingga jadi tahu jumlahnya berapa dan mungkin kalau ada kelebihannya berapa, sekolah akan tahu itu,” jelas Bambang.

Setelah hasil rekapan administrasi SPP keluar, lanjut Bambang, sekolah akan segera memberikannya uang SPP ke orang tua. Sementara di sisi lain, orang tua bisa membawa tanda bukti pembayaran SPP.

Nanti, imbuh Bambang, SMKN 1 Blora akan memberikan surat undangan kepada orang tua atau wali murid agar dapat hadir dalam penyerahan uang SPP.

“Diharapkan orang tua dapat hadir dalam penyerahan uang SPP dengan menyertakan tanda bukti pembayaran SPP. Bukti pembayaran SPP tersebut sebagai penguat,” pungkasnya. (JWN/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »