TKW Asal Blora Masih Berharap Gajinya Bisa Diterima

Sri Naning Bersama Ibu Dan Keluarga
BLORA - Ungkapan suka,  haru bercampur bahagia menyelimuti keluarga Sri Naning Wahyu Kurniawati (29th), Tenaga Kerja Wanita (TKW) warga RT 05 RW 02 Desa Plosorejo Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora.

Hampir selama 13 tahun tidak ada kabar, Sri Naning akhirnya pulang ke rumah dalam keadaan sehat. Sri Naning sebelumnya bekerja di Arab Saudi sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT).

Sri Naning pulang setelah dijemput keluarga bersama Kepala Desa dan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis siang kemarin.

Ditemui di rumahnya, bersama Ibunda Sri Naning, Suparmi (45th) sangat bersyukur putri keduanya itu pulang ke rumah dalam keadaan sehat. Ia pun beberapa kali terus memeluk erat putrinya itu. (17/01/2020).

"Alhamdulillah mas, akhirnya anak saya pulang dengan sehat. Sudah 13 tahun gak ada kabar sama sekali. Saya sudah tiga kali bolak balik ke Jakarta sampe menjual ternak untuk mencari keberadaan anak saya di PT Jasa Tenaga Kerja," kata Suparmi sambil memeluk erat putrinya itu.

Suparmi mengungkapkan, anaknya bekerja sebagai TKW di Arab Saudi sejak 2006 lalu. Pada tahun pertama, anaknya rutin mengirim uang ke keluarga. Namun pada tahun kedua dan seterusnya pihak keluarga sudah putus komunikasi.

"Lulus MTs. langsung jadi TKW di Arab, mas. Tahun pertama itu masih beri kabar, juga rutin kirim uang. Setelah itu, komunikasi putus. Karena dulu yang punya nomer  telepon pindah Sumatra, saya tanya katanya nomornya sudah dihapus. Ya bagaimana lagi, akhirnya saya pasrah. Tapi tetap yakin anak saya sehat, karena anaknya baik," ungkapnya.

Sementara itu, Sri Naning mengungkapkan, kabur dari rumah karena sempat bertengkar dengan majikan. Ia kemudian kabur menuju Masjidil haram dan ditemukan seorang anggota polisi disana.

"Saya itu habis bertengkar sama majikan. Karena ketahuan nonton TV," ucap Sri.

Tapi memang, sambung Sri Naning itu salah saya, bukan majikan saya. pekerjaan di rumah belum selesai tapi saya sudah nonton TV. Tapi niat saya hanya untuk menghibur diri. Lalu Saya kabur ke Masjidil Haram dan ditemukan Polisi disana.

"Saya juga sempat ditanya, mau pulang ke rumah majikan atau pulang ke Indonesia. Saya bilang pulang ke Indonesia, akhirnya saya diantar ke KJRI," terang Sri Naning.

Dia pun mengungkapkan, selama 13 tahun bekerja dia tidak pernah mendapat perlakukan buruk sama majikannya. Bahkan selama 13 tahun, ia rutin mendapat gaji dari majikannya.

"Kalau majikan saya baik. Kakak sama adik-adiknya juga baik semua. Kalau saya minta uang dikasih. Gaji saya juga dikasih terus, dibawa dia karena saya gak punya tempat buat nabung. Saya juga takut bawa uang saya," ungkapnya.

Kini, setelah pulang ke rumah, Sri Naning mengaku tidak berniat lagi kembali ke Arab Saudi. Namun, ia berharap agar uang gaji selama 13 tahun bekerja bisa didapatkannya.

"Kalau kembali, saya gak mau. Mau di rumah saja. Takut gak bisa komunikasi lagi. Tapi saya berharap uang gaji saya bisa dikasih ke saya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Plosorejo, Muslih mengungkapkan, ia mendapat kabar kepulangan Sri Naning dari pegawai Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora pada Rabu kemarin (15/01/2020). Saat itu, dikabarkan ada TKW asal Blora bernama Sri Naning yang dipulangkan dari Arab Saudi.

"Jadi setelah ada kabar itu. Saya bersama bapak dan adiknya langsung ke Jakarta menjemput di Bandara. dia waktu ditemukan petugas di terminal 3 seperti orang  bingung. Tidak bawa apa-apa. Pakaiannya ya hanya yang digunakan itu saja. Waktu pertama kali ketemu, dia (Sri Naning) tampak linglung. Bahkan ia tidak mengenali bapaknya. Setelah saya jelaskan, langsung menangis semua," paparnya. (HR/RED).
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Temu Petani Tebu Blora dengan Pendiri Pabrik Gula Rembang

BLORA — Dalam acara temu kangen, seorang pengusaha Kamajaya yang dulu membidani Pabrik Gula (PG) Blora bertemu dan berdialog de...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »