APEL SIAGA PETUGAS SE2016 DI PENDOPO RUMAH DINAS BUPATI BLORA

Penyematan Atribut Petugas Sensus Oleh Bupati Blora
Blora,- Bupati Blora Djoko Nugroho memimpin Apel Siaga Sensus Ekonomi Tahun 2016 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. (21/03/2016) Hadir dalam Apel ini Kepala Badan/Dinas/Instansi terkait, Kabag Humas dan Potokol Setda Blora dan peserta Apel dari BPS Blora. Dalam sambutannya Djoko Nugroho mengatakan bahwa tidak lama lagi, kira-kira enam minggu kedepan, kita akan memasuki tahap paling penting Sensus Ekonomi 2016 (SE2016), yaitu pencacahan lapangan.
“Apel Siaga ini menjadi momentum untuk membangkitkan awareness dan membangun semangat seluruh jajaran BPS dan bangsa Indonesia bahwa mulai saat ini kita harus berjalan dalam satu irama, satu pikir, dan satu tujuan, untuk menyukseskan Sensus Ekonomi 2016” ungkap Djoko Nugroho.
Sensus Ekonomi 2016 merupakan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, adalah bentuk pengabdian kita dalam menghasilkan data yang sangat penting bagi proses pembangunan bangsa. Kita harus menyadari, data yang dihasilkan dari SE2016 ini sangat penting dan bermanfaat bukan hanya bagi pemerintah atau pelaku usaha, tetapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat.
Apel Petugas Sensus Ekonomi Di Pendopo
Rumah Dinas Bupati Blora
Hal ini dikarenakan SE2016 selaras dengan program Nawacita pemerintah, yaitu Nawacita ke-6 (Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bias maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya) dan Nawacita ke-7 (Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik). Data SE 2016 ini juga dapat memotret daya saing bisnis di Indonesia dan menekan posisi perekonomian Indonesia di antara negara-negara di kawasan regional maupun internasional. Hal ini menjadi penting mengingat bahwa saat ini Indonesia telah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), yang sudah barang tentu harus diantisipasi dan disikapi secara cermat dan cerdas. Dalam konteks ini, data SE2016 menjadi sangat strategis dan krusial.

SE2016 adalah kegiatan massif karena mencakup semua lapangan usaha, seluruh skala usaha (kecuali sektor pertanian) yang kita perkirakan mencapai 24 juta usaha / perusahaan dan akan melibatkan 340 ribuan petugas yang direkrut berdasarkan mekanisme yang telah ditetapkan. Satu hal yang perlu disadari, pelaksana SE2016 memang BPS, tetapi tanggung jawab untuk menyukseskannya bukan hanya milik BPS, tetapi juga seluruh elemen bangsa ini karena bangsa Indonesia lah yang akan memperoleh hasil dari pekerjaan besar ini. Oleh Karena itu, meskipun petugas lapangan SE2016 nanti adalah mitra, kita harus pastikan bahwa para petugas, tetap dapat menghayati nilai-nilai inti BPS dengan bekerja secara Profesional, berIntegritas, dan Amanah sehingga mereka menjadi petugas-petugas yang tangguh, jujur, profesional, dan bertanggung jawab dalam menghasilkan data berkualitas. 
Kualitas para petugas harus benar-benar terjamin karena merekalah yang akan langsung berhadapan dengan para responden untuk mengumpulkan data. Kualitas petugas SE2016 sangat menentukan kualitas data yang mereka kumpulkan. Jangan sampai terjadi garbage in, garbage out.
(adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »