UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN DI BLORA

Sosialisasi BOK Tingkat Kabupaten Blora Oleh Bupati Blora
Blora,- Setelah membuka Apel siaga Sensus Ekonomi Tahun 2016, Bupati Blora, Djoko Nugroho senin, (21/03/2015) membuka Sosialisasi Bantuan Operasional Kesehatan di RM. Mr. Green Blora. Dalam sambutannya Bupati Blora, Djoko Nugroho menyampaikan bahwa agenda pembangunan kesehatan tahun 2015–2019 adalah mewujudkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap. Sama seperti salah satu prioritas Rencana Strategis Kabupaten Blora tahun 2015-2019 yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan meningkatkan mutu pelayanan. Berarti setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai kebutuhan dan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat melalui indikator-indikator nasional, seperti: Menurunnya AKI (Angka Kematian Ibu melahirkan); Menurunnya AKB (Angka Kematian Bayi & Balita); Meningkatnya status gizi masyarakat; Menurunnya angka kesakitan dan kematian penyakit menular dan tidak menular serta akhirnya adalah meningkatnya UHH (Umur Harapan Hidup) masyarakat.
Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) sebagai salah satu upaya Kementrian Kesehatan untuk memantapkan pembangunan kesehatan di daerah sebagai bagian integral dari pembangunan nasional; diharapkan dapat lebih mendekatkan petugas kesehatan pada masyarakat, sekaligus menghadirkan negara pada setiap sendi kehidupan masyarakat sebagaimana yang ditentukan dalam Nawacita Presiden Republik Indonesia.
Puskesmas selain merupakan ujung tombak layanan kesehatan di masyarakat, juga sebagai pusat pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya, yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku sehat, sehingga akan dapat mengurangi beban pembiayaan kesehatan pada sisi kuratif dan rehabilitatif. Untuk itu secara manajerial diperlukan perubahan pola kepemimpinan di Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten dari pasif menunggu masalah kesehatan timbul menjadi aktif, merespons dan mengantisipasi permasalahan yang ada, dari yang sifatnya directive menjadi colaborative; dari yang sifatnya serve ke care bagi masyarakat di wilayah kerjanya.

Mengingat BOK hanyalah bantuan pemerintah pusat yang sangat terbatas, sedangkan permasalahan kesehatan semakin kompleks, Pemerintah Daerah Kabupaten Blora dari tahun ke tahun terus meningkatkan alokasi dana bagi pembangunan kesehatan; baik untuk infrastruktur; sarana prasarana; operasional Puskesmas; dan upaya-upaya promotif, preventif, kuratif serta rehabilitatif. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »