Maiyah Dengan Generasi Kempong Blora

Maiyah (Ngaji Bareng) Lumbung Bailorah
Bertema Generasi Kempong Di Depan Sasana Bakti

Blora,-
Selasa Pon 08 Mei 2018 pukul 20.00 WIB berlangsung Ngaji Bareng bersama Lumbung Bailorah dalam rangka satu tahun Maiyah Blora dengan tema "Generasi Kempong" bertempat di Halaman Gedung sasana Bhakti Blora

Lumbung Bailorah di pojok alun-alun di hadiri oleh Habib Anies Sholeh Ba'asyin (Pati); Drs. Ilyas M.Ag (Semarang); Dalang Ki Sigit Ariyanto.S.Sn (Rembang); dimeriahkan oleh Gamelan Orchestra Kahuripan (Gunung Kidul); hadir kurang lebih  (08/05/2018)

Pada kesempatan itu Kyai Ilyas, mengatakan bahwa neraka itu baik, sebab di sana tempat mencuci perbuatan yang jelek-jelek, sebab surga itu tempat orang-orang suci.

"Jangan bilang ini pengajian, malam ini itu maiyah," tandas kyai Ilyas.

Lanjut kyai Ilyas, bahwa maiyah itu Sinau bersama, yang hadir saling belajar bersama. untuk berbicara sana-sini, singgung sana singgung sini, agar saling mengerti keadaan masing-masing.

Ditegaskan oleh kyai Ilyas bahwa Alloh SWT menciptakan tanah di beberapa daerah sesuai konturnya, sehingga cocok ditanami tumbuh-tumbuhan yang pasti subur, contohnya Blora dan sekitar cocok tanaman pohon Jati karena tanah kapur, dan daerah Wonosobo cocok tembakau dan sebagainya.

"Maiyah itu berbagai judul yang absut, sedangkan absut itu kacau," tegas kyai Ilyas.

Besok itu, hanya ada dua bahasa yakni bahasa Jawa dan bahasa Arab. Perlu di ketahui bahwa  di dalam area maiyah (ngaji bareng) yang hadir setelah pulang harus menarik kesimpulan sendiri-sendiri kata kyai Ilyas.

"Maiyah membicarakan berbagai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat di dunia ini," pungkasnya.

Ceramah penutup disampaikan oleh Habib Anies Sholeh Ba'asyin (Pati), yang pada prinsipnya satu tahun maiyah Blora. Menggaris bawahi yang telah disampaikan oleh Habib Anies Sholeh Baasyin Kab.Pati. (Heripur/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »