MENGAPA 20 MEI DIPERINGATI HARKITNAS ?

Merdeka !!!

Mengapa 20 Mei Diperingati Harkitnas? adalah pertanyaan penting untuk kita jawab dalam rangka memperingati dan memaknai hari penting itu, yaitu Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Pemaknaan itu penting agar dalam peringatannya tak hanya berkutat pada kegiatan seremonial belaka, tapi menyadarkan kita untuk bangkit. Bangkit dalam makna positif di berbagai dimensi kehidupan masyarakat dan berbangsa.
Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) selalu diperingati setiap 20 Mei. Tahun 2018 ini, bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-110 dengan mengusung tema “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional”.

Ir. Soekarno adalah presiden Indonesia yang menetapkan 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional (pada 1948). Sengaja dipilih 20 Mei, bertepatan dengan tanggal lahirnya organisasi Boedi Oetomo, sebagai kebangkitan nasionalisme di tanah air.  Ini muncul tak lepas dari kondisi kebatinan bangsa Indonesia.

Kebangkitan nasional dimulai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 dimana ditandai dengan bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme, serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang tidak pernah muncul selama penjajahan berkuasa dan bumi pertiwi ini dikuasai oleh Belanda dan Jepang.

Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen), yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji, serta digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Pada awalnya Boedi Oetomo bukan organisasi politik, tetapi lebih kepada organisasi yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan.

Namun seiring waktu, Boedi Oetomo kemudian menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk kemerdekaan Indonesia. Terbukti setelah Boedi Oetomo didirikan pada tahun 1908, berturut-turut berdiri organisasi-organisasi besar seperti Indische Partij , Partai Politik pertama di Indonesia pada tahun 1912,  Sarekat Dagang Islam, Muhammadiyyah, dan dan Asuransi Jiwa Bersama Boemi Poetra pada tahun yang sama.

Karena dianggap sebagai organisasi yang menjadi pelopor bagi organisasi kebangsaan lainnya, maka tanggal didirikannya Boedi Oetomo, 20 Mei, ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Ketika itu, terjadi perpecahan antar golongan dan ideologi, terjadi ketegangan di kabinet dan kalangan TNI. Sementara Indonesia juga berada pada kondisi masa revolusi mempertahankan diri dari Belanda yang tak ingin melepaskan Indonesia sebagai negara jajahannya. Kala itu pasukan Siliwangi dari Jawa Barat terpaksa hijrah ke Solo, karena menuruti perjanjian Renville dan Belanda menguasai kembali Jawa Barat.

Itulah sebab, secara singkat, Bung Karno menetapkan hari lahirnya Boedi Oetomo 20 Mei 1908 sebagai Harkitnas. Harapannya, jika sebelumnya sempat terjadi ketegangan, maka momen ini menjadi peristiwa penting untuk menyatukan kekuatan untuk melawan Belanda kala itu. Semangat perlawanan terhadap sewenang-wenang, mencegah perpecahan, dan menjunjung persatuan ini kemudian menular di hati masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa Stovia jangkauannya, serta terbatas pada kelas menengah, seperti cendekiawan, priyayi ningrat dan priyayi profesional. Mereka berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Belanda, karena latar belakang pendidikan yang diperoleh dari penjajah.

Akhirnya, saatnya kita bangkit. Bangkit dari hidup malas, menjadi rajin. Bangkit dari negara berkembang, menjadi negara maju. Dan bangkit dari hal-hal buruk lainnya kepada hal-hal positif. Sudahkah kita memaknai Harkitnas 2018? Berbuat banyak untuk negeri. Selamat Harkitnas 20 Mei 2018.

Salam Semangat NKRI  !
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »