Perhutani Randublatung Latih LMDH Dan Mandor Tanam Jati Plus

BLORA - Menjelang musim tanam tahun 2020 mulai Nopember hingga  Desemser,  Perum Perhutani KPH Randublatung menyelenggarakan penyegaran pembuatan tanaman kehutanan bagi para Mandor tanam dan anggota LMDH di hutan petak 40 RPH Kedungringin BKPH Ngliron. (23/09/2020).

Administratur Perhutani KPH Randublatung Achmad Basuki menjelaskan bahwa
Kegiatan tersebut   dilakukan dengan mentaati protokol kesehatan covid-19, dan ini bertujuan untuk meningkatakan kapasitas sumber daya manusia yang menangani di bidang tanaman di Perhutani KPH Randublatung bersama  anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sebagai mitra Perhutani dalam membangun hutan.

"Sehingga pada saatnya sudah mulai turun hujan kegiatan penanaman bisa berjalan dengan baik untuk menuju Perhutani sukses tanaman," kata Administratur Perhutani KPH Randublatung.

Pada kegiatan pelatihan ini, sambung  Achmad Basuki para peserta diingatkan kembali bagimana tehnik - tehnik pembuatan tanaman mulai dari persiapan, pembuatan larikan, pemasangan acir, membuat lobang tanam dan lain lain, yang dilakukan dengan teori dan dilanjutkan dengan praktek lapangan.

"Para petugas tanaman (Mandor Tanam) Perhutani dan anggota LMDH harus menguasai tehnik-tehnik pembuatan tanaman kehutanan," jelas Achmad Basuki.

“Saya ingatkan kembali kepada para mandor tanam dan LMDH, dalam pembuatan tanamaman harus betul-betul menerapkan tehnik yang benar serta semangat dan dedikasi yang tinggi,  hal ini sangat penting dilakukan karena keberhasilan tanaman yang dibuat tergantung pada dedekasi dan kemampuan tehnis dari para mandor tanam.

"Termasuk LMDH sekarang harus juga menguasai bagaimana cara pembuatan dan tehnik – tehnik yang harus dilakukan dalam pembuatan tanaman kehutanan, karena dalam pelaksaanaan Perhutanan Sosial para masayarakat / LMDH wajib untuk membuat tananaman kehutanan disamping tanaman polowijo dalam petak Perhutanan Sosial”. Ujar Administratur Perhutani KPH Randublatung.

Sementara itu, Sutrimo (39th) Ketua LMDH Wana Sumber Rejeki Desa Bangklean kecamatan Jati mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat kedepan, agar para anggota lebih menguasai bagaimana cara pembuatan dan tehnik – tehnik yang harus dilakukan dalam pembuatan tanaman kehutanan.

“Kami sangat terima kasih sekali kepada Perhutani Randublatung atas di selenggarakan pelatihan ini, sekarang kami mengetahui bagaimana tahapan pembuatan tanaman yang baik dan benar," ucap Sutrimo.

Untuk diketahui, hadir pada acara tersebut Administratur Perhutani KPH Randublatung Achmad Basuki, Wakil Administratur Mugni, Nara sumber penyegaran adalah Kasi Pengelolaan Sumberdaya Hutan dan Lingkungan (PSDHL) Yosep Todeng dan Kasi Perencanaan Pengembangan Bisnis (PPB) Lukman Jayadi, sedangakan peserta penyegaran adalah 45 Orang dari unsur Mandor Tanam, 34 orang dari anggota LMDH. (ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »