WARGA BINAAN RUTAN BLORA DAPAT REMISI MASA TAHANAN

Pemusnahan Barang Bukti Sitaan Razia
Blora,- Sebanyak 63 warga binaan Rumah Tahanan Blora mendapatkan remisi atau pengurangan masa kurungan pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 kemerdekaan RI. (17/08/2016) “Adanya pemberian remisi dari negara biar membangkitkan semangat tahanan-tahanan yang lain agar berperilaku baik selama menjalani masa tahanan,” kata Kepala Rutan Blora , Fajar saat menyampaikan sambutan.
Dengan rincian Remisi Umum I Pidana Umum sebanyak 60 orang, Remisi Umum II Pidana Umum 1 orang dan Remisi Umum I Pidana Khusus sebanyak 2 orang. Sedangkan warga binaan yang ada di Rutan Blora, tuturnya sebanyak 208 orang dengan rincian Narapidana laki-laki sebanyak 103 orang, narapidana perempuan sebanyak 2 orang, Tahanan laki-laki sebanyak 100 orang dan Tahanan perempuan sebanyak 3 orang. “Remisi, jelasnya tidak serta merta turun dari langit, namun diawali dengan berperilaku baik, taat peraturan sesuai administratif maupun substansif,” tegas Fajar.
Kegiatan-kegiatan pembinaan di Rutan, kata Fajar  meliputi ketrampilan las, menjahit, pembuatan keset, paving batako dan juga belajar Barongan kesenian khas Blora. Pihak Rutan juga bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Blora dalam pembinaan rohani. Fajar selaku Kepala Rutan menandaskan bahwa Rutan Blora bebas narkoba. Dirinya berani menjamin demikian karena test urine baik petugas Lapas dan warga binaan bebas narkoba hasilnya negatif. Termasuk saya memberikan contoh, tandasnya. “Perang narkoba, kamipun menandatangani pakta integritas sekecil apapun kegiatan kami akan kami laporkan,” katanya.

Atas kerawuhan Wakil Bupati Arief Rohman dan rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Blora, selaku Kepala Rutan dirinya menyampaikan terima kasih. Hal ini sebagai wujud perhatian warga binaan. Meskipun jumlahnya terbatas, rasio petugas Rutan dengan warga binaan tidak sebanding, namun petugas tetap menjalankan tugas dengan semangat. Rutan juga rutin melakukan razia, kalaupun ada pelanggaran kami akn tindaklanjuti sesuai prosedur yang ada. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Blora yang selalu membantu pengamanan Rutan Blora. Secara umum ungkapnya, Rutan Blora aman dan kondusif. Rutan Blora juga siap mendukung program-program dan kebijakan pemerintah demi kemajuan Kabupaten Blora. Seusai acara, Wakil Bupati Arief Rohman dan rombongan dari Forkopimda melakukan pemusnahaan barang-barang hasil sitaan razia. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »