HARI PRAMUKA KE-55 BERSIH-BERSIH GOA TERAWANG


Bersih-bersih Tempat Wisata Goa Terawang
Di Kecamatan Todanan
Blora,- Peringatan Hari Pramuka ke 55 yang jatuh pada hari Minggu (14/8/2016) diperingati sederhana oleh Kwarcab Blora dengan menggelar kegiatan apel bersama dan bakti lingkungan berupa kegiatan bersih-bersih kawasan wana wisata Goa Terawang di Desa Kedungwungu Kecamatan Todanan. Bekerjasama dengan Kwarran Todanan, Perhutani KPH Blora dan Badan Lingkungan Hidup (BLH), seluruh anggota Pramuka mulai dari Siaga, Penggalang hingga Penegak diikutkan dalam acara tersebut mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB.
Hadir secara langsung Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Blora H.Arief Rohman M.Si yang juga wakil bupati untuk memimpin kegiatan bakti lingkungan di Goa Terawang.
“Kami menggelar kegiatan bakti lingkungan di Goa Terawang karena lokasi ini salah satu aset potensi wisata Blora yang bagus. Banyak diminati wisatawan, bahkan ada turis manca yang kesini untuk menikmati pancaran sinar matahari dalam goa. Hanya saja karena kurang perawatan sehingga kawasan goa masih terkesan semrawut, banyak sampah berserakan di dalam goa. Dengan kegiatan ini saya harap Pramuka bisa menjadi pelopor pecinta lingkungan di kawasan wisata,” jelasnya.

Ia pun mengatakan bahwa kedepan kawasan Goa Terawang akan dijadikan lokasi perkemahan pramuka, sehingga dengan lebih seringnya digelar kegiatan di kawasan tersebut harapannya kebersihan dan kenyamanannya lebih terjaga. “Dalam kegiatan bersih-bersih ini, kami menggandeng BLH dan Pegadaian untuk menyerahkan bantuan tempat sampah agar ditaruh pada beberapa titik. Sehingga kebersihan di dalam goa bisa dijaga,” lanjutnya.
Kedepan, pihaknya juga akan mengusulkan adanya pembangunan jalan menuju dalam goa dan pemasangan lampu penerangan agar keamanan pengunjung di dalam goa lebih terjamin. Pasalnya saat ini jalan dasar goa kerap licin, berlumpur dan gelap.
Perlu diketahui, hingga kini pengelolaan Goa Terawang masih dilakukan oleh Perhutani KPH Blora. Sehingga kwarcab akan bekerjasama dengan Perhutani untuk memanfaatkan kawasan goa sebagai lokasi kegiatan kepramukaan.
Adapun Widya, salah satu anggota penegak menuturkan bahwa dirinya merasa senang bisa turut serta dalam kegiatan bersih-bersih goa. “Senang bisa ikut membersihkan goa terawang, ini dalam rangka mengisi kegiatan hari pramuka ke 55. Bersama teman-teman gotong royong. Banyak sampah di dalam goa yang ditinggalkan para pengunjung berupa botol, plastik, sedotan dan lainnya. Semoga dengan adanya tempat sampah baru,
kebersihannya bisa ditingkatkan. Kalau bersih digunakan foto-foto kan kelihatan bagus,” ujarnya.
“Ini kegiatan awal peringatan Hari Pramuka ke 55 tingkat Kabupaten Blora. Untuk puncaknya, nanti kwarcab akan menggelar perkemahan di Bumi Perkemahan Kedungpupur Kecamatan Sambong pada 3 September sekaligus melepas kontingen estafet tunas kelapa ke Karanganyar. Sehingga diperkirakan estafet bisa sampai di Karanganyar bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka tingkat Jateng yang dijadwalkan 6-7 September,” papar Slamet Pamudji Ketua Harian Pramuka Kwarcab Blora.

Di hari yang sama, masing-masing kwaran juga sedang melaksanakan perkemahan dengan agenda upacara renungan malam, ulang janji, upacara, aneka perlombaan ketangkasan pramuka dan penjelajahan. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »