KONTES BUAH JERUK TINGKAT NASIONAL 2016

Kontes Buah Jeruk Nasional Di Event BITE 2016
Blora,- Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan)  Kabupaten Blora mengadakan Kontes buah jeruk nasional menjadi primadona di event BITE 2016. di Batu Malang . selain menjadi ajang mencari jeruk terunggul, event nasional ini berhadiah total Rp 40 juta. Kontes ini bertujuan untuk mendapatkan jenis jeruk keprok, siam dan pamelo yang memilliki kualitas istimewa dan berdaya saing tinggi sehingga pemenang kontes buah jeruk nasional diharapkan menjadi komoditas yang dapat diunggulkan sebagai pengganti jeruk impor. Peserta berasal dari 20 propinsi di Indonesia. Tercatat 49 nomor peserta dengan rincian; 10 peserta kategori jenis jeruk PAMELO, 20 peserta jenis kategori jeruk KEPROK dan 19 peserta SIAM.

Kualitas Jerus Baik
Ada perbedaan kriteria penilaian pada kontes buah jeruk kali ini, khususnya untuk jeruk pamelo. Kriteria penilaian untuk kategori pamelo yaitu brix, rasa, tingkat kemulusan kulit buah, warna daging buah, tingkat kerekatan antar juring, dan jumlah biji. Sedangkan untuk kategori keprok dan siam yaitu brix, rasa, tingkat kemulusan kulit buah, tingkat kemudahan pengupasan kulit buah, jumlah biji dan volume jus.
Penilaian juara utama kontes buah jeruk BITE 2016, dilaksanakan oleh tim juri yang berasal dari pakar jeruk, akademisi dan praktisi. Tim juri terdiri dari; peneliti Balitjestro, dosen IPB, dosen UB, Kusuma Agrowisata Batu, dan eksportir.
Berikut daftar para pemenang Juara Kategori Pamelo Juara 1. Solikin (Kudus, Jateng) , Juara 2. Nardian (Cilacap, Jateng) , Juara 3. Sumarjo (Blora, Jateng). Juara Kategori Keprok. Juara 1. Nur Rohman Santoso (Kota Batu). Juara 2. Rahmat (Bandung, Jabar). Juara 3. Djarwo (Kab. Malang). Juara Kategori Siam. Juara 1. Rana Farasati (Medan, Sumut). Juara 2. Selamat (Banjar, Kalsel). Juara 3. Samudi (Blora , Jateng)
Penilaian untuk juara favorit berdasarkan kriteria rasa dan performa buah jeruk, yang melibatkan 25 responden untuk masing-masing kategori. Responden berasal dari pengunjung BITE 2016, dengan berbagai latar belakang (profesi, usia, pendidikan dan gender) jenis jeruk Pamelo, Solikin ( Kudus, Jateng ). 2.jenis jeruk Keprok, Nur Rohman Santoso ( Kota Batu ) 3. jenis jeruk Siam. Makhdumin ( Barito Kuala Kasel ). (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »