UPACARA PERINGATAN HUT JATENG MEMAKAI BUSANA SAMIN

Upacara Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Tengah
Peserta Upacara Berpakaian Samin
Blora,- Upacara Bendera peringatan Hari Ulang Tahun Jawa Tengah ke-66 di halaman Setda Kab. Blora. Peserta upacara mengenakan busana Samin, (15/08/2016). Peringatan tahun ini berbeda dengan peringatan sebelumnya karena peserta upacara menggunakan busana adat Jawa Tengah sesuai Surat edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 065.5/0168 tahun 2016 bahwa Pada tanggal 15 setiap bulannya wajib menggunakan pakaian-pakaian adat.
Pakaian Samin merupakan busana adat yang menjadi kebanggaan masyarakat Kab. Blora. Pemkab. Blora sejak Februari 2014 telah mengeluarkan Peraturan bagi Pegawai Negeri Sipil agar mengenakan pakai Samin setiap hari Kamis pada Minggu keempat.
“Kalau Bapak Gubernur mirsani (melihat) upacara hari ini di Blora bangga dengan Sedulur-Sedulur Sikep Kab. Blora, karena hari ini Sedulur-Sedulur Sikep Kab. Blora melaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Jadi Jawa Tengah dengan baik sekali,” ucap Bupati Blora Djoko Nugroho saat menjadi Inspektur Upacara.
Busana Samin merupakan pakaian keseharian Sedulur-Sedulur Sikep (sebutan pengikut ajaran Samin Surosentiko). Filosofi pakaian Samin mencerminkan kesederhanaan dan kejujuran. Sedangkan model pakaian Samin adalah lengan panjang sedangkan celana diatas mata kaki. Warna baju dan celana Samin berwarna merah namun bisa juga dengan warna lainnya. Baju Samin mencerminkan kesederhanaan menyimpan kejujuran yang luar biasa. Pada bagian kepala memakai ikat kepala atau biasa disebut udeng.
Sementara itu dalam sambutan tertulisnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa ini salah satu ciri bahwa kita kompak dan sebagai bentuk kontribusi ASN untuk manghayu bagio Hari Ulang Tahun Jateng dari sisi nguri-nguri Budaya Jawa utamanya melestarikan baju adat Jawa Tengah.
Selaku Gubernur Jawa Tengah ini sebagai bentuk kebersamaan dan satunya derap langkah untuk bekerja dan berkarya nyata utamanya melayani rakyat dengan pelayanan yang semakin baik.
“Saya wanti-wanti betul untuk terus menambah 4 (empat) pokok spirit pelayanan yang cepat, mudah, murah serta harus ramah itulah Jawa Tengah,” tandasnya.
Seusai Upacara Bendera, Bupati Djoko Nugroho menyerahkan piala dan penghargaan Penilaian kinerja Pelayanan Publik untuk Kecamatan dan Kelurahan se Kab. Blora. Diringkat Kecamatan juara I, II, III masing-masing diraih Kecamatan Cepu, Sambong dan Japah. Sedangkan ditingkat kelurahan juara I, II, III masing-masing diraih KelurahanTegalgunung Kec. Blora, Kelurahan Tambakromo Kec. Cepu, Kelurahan Wulung Kec. Randublatung.

Bupati yang akrab disapa Kokok ini juga menyerahkan 1 (satu) unit kendaraan operasional pemadam kebakaran (Damkar) yang diterima langsung Kepala Pelaksanana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora, Sri Rahayu. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada 2024

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora, Mustopa S.Pd.I menghadiri acara peluncuran Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupa...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »