PEMKAB BLORA KEMBANGKAN POTENSI BUDAYA DENGAN UGM

Ramah Tamah Ilmuan UGM Bersama Wakil Bupati
Blora,- Pemkab Blora kedatangan tamu Dr. Aprinus Salam M.Hum Ketua Pusat Studi Kebudayaan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta bersama tim. Kedatangannya tidak lain karena diundang Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si untuk dimintai tolong ikut membantu pembangunan sektor kebudayaan di kabupaten ujung timur Jawa Tengah ini agar kedepan bisa lebih menarik untuk dinikmati para wisatawan. (08/09/2016)
Sebelum datang ke Kantor Bupati, rombongan Pusat Studi Kebudayaan UGM justru telah lebih dahulu mampir ke rumah keluarga Pramoedya Ananta Toer, seorang tokoh sastrawan asli Blora yang telah mendunia berkat ratusan judul buku yang ditulisnya. Disini Dr. Aprinus Salam M.Hum membeli sejumlah buku dari adik Pram, Soesilo Toer. “Pram ini tidak hanya ikon Indonesia, ini potensi Blora yang bisa dijadikan ikon Internasional. Jangan disia-siakan, dan saya yakin jika ini bisa digarap dengan bagus maka akan banyak turis mancanegara yang datang ke Blora. Misal dengan mengadakan Festival Pramoedya dengan berbagai kegiatan pendukung. Apalagi saat ini banyaj turis mancanegara yang suka mencari hal-hal yang unik dan tradisional. Rumah Pram yang kini jadi Perpustakaan PATABA ini harus dijaga keasliannya,” ucap Dr. Aprinus Salam M.Hum.
Selepas dari Rumah Pram, rombongan datang ke Kantor Bupati dengan disambut Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si beserta sejumlah SKPD terkait seperti Kepala Bappeda Samgautama Karnajaya, Kabid Kebudayaan DPPKKI Suntoyo, Kabid Pariwisata DPPKKI Sugiyanto serta perwakilan Forum Peduli Sejarah dan Kebudayaan Blora, Lukman.
Menuju Blora Bergelora 2020
Dalam diskusi, Kabid Kebudayaan dan Kabid Pariwisata memaparkan potensi budaya dan wisata kepada tim Pusat Studi Kebudayaan UGM. Begitu juga dengan Kepala Bappeda, Bapak Samgautama Karnajaya. Mulai potensi budaya sejak masa pra sejarah hingga saat ini disampaikan secara urut oleh Bapak Suntoyo. Termasuk potensi seni pertunjukan seperti Tayub, Barongan, Wayang Krucil, hingga beberapa situs budaya dan sejarah. “Atas izin Pak Bupati, sengaja saya undang tim Pusat Studi Kebudayaan UGM untuk datang ke Blora guna mengeksplore kekayaan potensi budaya, seni dan sejarah. Harapannya nanti bisa dipetakan mana yang bisa dijadikan ikon unggulan Blora sehingga bisa dikelola dan digarap menjadi tujuan wisaya utama Kabupaten Blora. Pemkab akan melakukan kerjasama dengan Pusat Studi Kebudayaan UGM ini,” ujar Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si.
Menurutnya saat ini dunia seni, budaya dan pariwisata sedang menjadi primadona banyak daerah untuk mengeruk pundi-pundi uang sehingga bisa membangun perekonomian daerah. Blora yang memiliki banyak potensi seni, budaya dan wisata diharapkan dalam 4 tahun kedepan bisa menjadi salah satu tujuan wisata utama di Jawa Tengah.
Perlu diketahui, Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM Dr. Aprinus Salam M.Hum saat ini juga bertindak sebagai konsultan kebudayaan Pemda Yogyakarta dan telah mendampingi garapan event budaya di Yogyakarta selama 3 tahun.
Dihadapan Wakil Bupdati dan SKPD, Dr. Aprinus Salam dan tim memaparkan rencana pembentukan Desa Budaya Menuju Blora Bergelora 2020. Desa-desa yang memiliki potensi budaya baik peninggalan sejarah ataupun seni pertunjukan akan dikemas menjadi sebuah desa budaya yang bisa dikunjungi dan layak sebagai objek wisata.

Sebagai tahap lanjutan, usai berdiskusi di Kantor Bupati, tim Pusat Studi Kebudayaan UGM langsung diantar Kabid Kebudayaan berkeliling Kabupaten Blora guna melihat langsung potensi budaya yang ada di Bumi Samin ini. Diantaranya berkunjung ke Gedung Gajah Purba, Kampung Samin Klopoduwur, Sumur Minyak Tua Semanggi, Kampung Samin Blimbing Sambong, dan Petilasan Arya Penangsang Raja Kadipaten Jipang. “Satu hari keliling Blora ternyata belum cukup untuk mengeksplore semua potensi yang ada. Kami kedepan akan kembali agendakan kunjungan ke Blora untuk meneruskan eksplore potensi budaya. Kami masih penasaran dengan Jati Denok, Situs Sumur Minyak Tua Magung Ledok, Barongan, Tayub dan lainnya. Semoga kerjasama ini kedepan bisa benar-benar bermanfaat untuk kemajuan Blora,” ucap Aprinus Salam. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »