PEMBUKAAN PELATIHAN PROGRAM BANTUAN DIKLAT MASYARAKAT

Pembukaan Pelatihan Program Bantuan Diklat Masyarakat
Di Aula Barat Pusdiklat Migas Cepu
Blora,- Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman M.Si menghadiri acara Pembukaan Pelatihan Program Bantuan Diklat Masyarakat di Aula Barat Pusdiklat Migas. Acara ini dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM Jajang Sukarna, Perwakilan Pemerintah Kota Surabaya, Perwakilan Pemerintah Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya (Masella), serta Forkopimcam Kecamatan Cepu.
Pelaksanakan Diklat berdasar pada program bantuan Diklat untuk masyarakat daerah tertinggal yang berpotensi Migas sesuai dengan arahan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Diklat ini diikuti oleh 160 peserta yang berasal dari Blora sebanyak 40 peserta, Tuban (20 peserta), Surabaya (40 peserta), dan Masella sebanyak 60 peserta. Peserta Diklat merupakan masyarakat lulusan SMA sedrajat hingga mayarakat yang berusia 30 tahun.
Terdapat delapan pelatihan yang diselenggarakan yaitu:
Peserta Pelatihan Berfoto Bersama Dengan
Forkompimda Blora

1. Pelatihan Operator Pesawat Angkat (Unit Rigger)
2. Pelatihan Operator Pesawat Angkat (Unit Crane Mobil)
3. Pelatihan Operator Pesawat Angkat (Forklift)
4. Juru Las (Welder)
5. Operator Scraffolding
6. Operator K3
7. OLB BOR
8. PES OLP
Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman M.Si menyampaikan bahwa dengan adanya Diklat ini diharapkan dapat menciptakan tenaga trampil yang dapat bersaing di pasar global. Di era globalisasi seperti saat ini tenaga luar Negeri dapat dengan bebas masuk ke Indonesia, oleh karena itu dibutuhkan tenaga terampil dan berkompeten yang dapat membantu meningkatkan perekonomian Negara. Kedepannya diharapkan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Blora dan ESDM Migas dapat terus berjalan dengan baik.
Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Blora juga menyampaikan bahwa di Bulan Oktober nanti Direktur Museum akan datang ke Cepu perihal pembangunan museum Migas di Cepu. Cepu yang telah memiliki nama besar sebagai penghasil Migas diharapkan dapat menjadi maskot Kota Penghasil Migas di Blora. Oleh karena itu kedepannya akan dibangun museum migas sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat mengenai Migas.
Kedepannya juga akan dilakukan pengembalian fungsi Lapangan Terbang Ngloram. Hal ini bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat untuk berkunjung ke Blora terutama Cepu. Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman M.Si mengucapkan terimakasih kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM Migas yang telah mengadakan Diklat sehingga nantinya para peseta dapat memberikan sumbangsih untuk kemajuan Bangsa.
Kepala BPSDM ESDM Jajang Sukarna dalam sambutannya menyampaikan bahwa Diklat ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang terdidik, terampil dan berkompeten dalam bidangnya. Selain itu Diklat ini juga ditujukan untuk menyediakan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri. Oleh karena itu pada Diklat ini juga akan diberikan materi pembentukan karakter yang nantinya dapat menciptakan tenaga kerja yang berintegritas, bermoral, berakhlak dan memiliki tanggung jawab.

Diakhir sambutannya Kepala BPSDM ESDM membuka pelatihan serta berpesan kepada seluruh peserta Diklat untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan guna menunjang proses pembelajaran. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »