DESA LEDOK SEBAGAI DESTINASI WISATA BLORA

Rakor Pengembangan Destinasi Wisata Desa Ledok
Di Ruang Rapat Wakil Bupati Blora
Blora,– Menindaklanjuti surat dari Dirjen Migas Kementerian ESDM RI perihal bantuan pembangunan Daerah Wisata Migas di Desa Ledok, Kecamatan Sambong, Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si memimpin Rapat Koordinasi Pengembangan Destinasi Wisata Desa Ledok di Ruang Rapat Wakil Bupati Blora, (19/07/2016).
Rakor ini dilaksanakan sebagai langkah lanjutan dalam proses pembangunan destinasi wisata di Desa Ledok, di sana terdapat petilasan sumur bersejarah yaitu LD.01 yang merupakan sumur pertama yang ditemukan di Kabupaten Blora dan dikenal dengan sebutan Sumur Magung, di samping 219 sumur tua lainnya.
Selain wisata sumur tua, Desa Ledok juga memiliki potensi wisata lainnya, yaitu Gua Jepang, gua peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II, tempat pemandian Kedung Pupur dan peternakan lebah madu yang akan dikembangkan kembali.
Kementerian ESDM RI sangat peduli terhadap rencana pembangunan potensi wisata di Desa Ledok dan akan memberikan bantuan yang diperlukan untuk mewujudkannya.
Hadir dalam rakor ini adalah Kepala DPPKKI Kabupaten Blora, Slamet Pamudji, SH. M.Hum, Kepala BLH Kabupaten Blora Ir. Wahyu Agustin, SE. MM, Camat Sambong Luluk Kusuma Agung Ariadi, S.STP, Sekretaris Dinas Kehutanan Kabupaten Blora Indah Purwaningsih, perwakilan SKK Migas Jabanusa Fatah Yasin dan Humas Pertamina EP4 Cepu Tiara dan Ulya.
Wakil Bupati Blora menekankan kepada para peserta rakor untuk bisa mensukseskan pembangunan wisata di Desa Ledok. Arief Rohman juga mengatakan pentingnya pembangunan infrastruktur di sana. Sebagaimana diketahui, lokasi sumur tua terdapat di lahan milik Perhutani, sehingga diperlukan koordinasi yang baik antar lembaga untuk bisa mewujudkannya. “Infrastruktur jalan Perhutani di Desa Ledok sepanjang kurang lebih 5.3 km akan kita perbaiki, dan nantinya bisa dibuat event olahraga sepeda tingkat Nasional,” ujarnya.
Sementara itu, Slamet Pamudji mengatakan pentingnya memberikan sosialisasi yang intens kepada warga Sambong akan rencana pembangunan wisata di desanya. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan terjadi perubahan pola pikir masyarakat menjadi kooperatif dan bersahabat terhadap para wisatawan yang datang. “Desa Ledok memiliki potensi wisata yang baik, Untuk itu, Pemerintah Daerah perlu memberikan sosialisasi yang produktif untuk memberikan edukasi kepada warga akan pentingnya wisata bagi kemajuan daerah,” jelasnya.

Pertamina melalui Tiara mengatakan bahwa pihaknya pada prinsipnya menyetujui rencana pembangunan wisata di Desa Ledok ini dan akan mengucurkan bantuan yang diperlukan. Namun, Pertamina menunggu adanya masterplan dari Bappeda Kabupaten Blora. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »