PENYAKIT BLAS DAN KRESEK SERANG PADI DI JIKEN

Pemeriksaan Tanaman Padi Di Desa Jiken
Blora,-  Penyakit jenis Blas dan Kresek yang mulai menyerang tanaman padi di wilayah Kecamatan Jiken, untuk menjaga agar tidak terjadi gagal panen akibat menyebarnya penyakit tersebut maka Kepala UPTD Kecamatan Jiken Wahyanto bersama seluruh PPL terus blusukan dari desa satu ke desa lainnya memberi penyuluhan kepada para petani cara mengatasi penyakit tersebut.
Kepala UPTD Kecamatan Jiken Wahyanto menjelaskan untuk luasan tanah persawahan di wilayah Kecamatan Jiken saat ini ada 1.617 Ha, yang berpotensi terkena penyakit Blas dan Kresek kisaran 65 Ha, sedangkan tanaman padi yang saat ini sudah terkena penyakit seluas 32 Ha yakni tersebar di Desa Jiken, Cabak, Singonegoro, Jiworejo dan Bleboh.
Sementara itu pengamat hama dan penyakit tanaman Suharno membenarkan serangan penyakit tersebut, dan menurutnya tanaman padi yang terkena penyakit Blas dan Kresek biasanya daun akan timbul bintik-bintik warna coklat hingga seluruh permukaan daun akan mengering.
Kalau penyakit tersebut tidak segera dilakukan penyemprotan maka akan berpindah menyerang batang pohon padi, dan dikalangan petani penyakit itu dikenal dengan sebutan penyakit gulu pedhot yang sulit obatnya.

Untuk menghindari penyakit Blas dan kresek Kepala UPTD Kecamatan Jiken Wahyanto juga berharap kepada para petani agar selalu mengamati perkembangan tanaman padinya, “Kalau ada penyakit Blas dan Kresek petani segera melaporkan ke petugas PPL setempat agar segera mendapatkan bantuan cara mengobatinya,” tegas Wahyanto (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »