REKOMENDASI PSLH UGM ATAS AIR WADUK BENTOLO KINI

Dr. Doni Prakasa Ekaputra Memaparkan
Hasil Penelitian Air Waduk Bentolo
Blora,- Adanya keluhan warga di sekitar lokasi berdirinya Pabrik Gula Blora, PT. Gendhis Multi Manis (PT.GMM) akibat tercemarnya air waduk bentolo di Desa Tinapan, maka Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Blora bekerja sama dengan Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk melakukan kajian terhadap air Waduk Bentolo. Keluhan warga yang muncul berdasarkan dugaan bahwa aktivitas industri di Pabrik Gula Blora itulah yang menjadi penyebab tercemarnya air Waduk Bentolo kini dapat diredam, menyusul paparan yang dilakukan oleh peneliti dari PSLH UGM, Dr. Doni Prakasa Ekaputra.
Dalam paparannya di Ruang Pertemuan Bupati, (14/01/2016) Dosen Teknik Geologi Air Tanah itu menyebutkan bahwa terjadi penurunan kualitas air Waduk Bentolo. “Hasil penelitian kami menyebutkan terjadinya penurunan kualitas air Waduk Bentolo, yang disebabkan oleh limbah padat coal dan blonthong tebu hasil Pabrik Gula Blora yang diletakkan langsung di tanah (open dumping) yang kurang tertata dengan baik,” Terang Dr. Doni Prakasa Ekaputra. Lebih lanjut, Dr. Doni menerangkan bahwa berdasarkan dokumen AMDAL PT. GMM, dapat diketahui bahwa kualitas air Waduk Bentolo sebelum proses pembangunan Pabrik Gula Blora pada tahun 2011 yang lalu tidak memenuhi mutu air untuk digunakan sebagai air baku untuk air minum.
Dirut PT. GMM, Kamajaya, melalui Humas GMM menyatakan bahwa PT. GMM siap melaksanakan rekomendasi-rekomendasi yang diajukan oleh PSLH UGM untuk meminimalisir pencemaran air Waduk Bentolo akibat aktivitas industri Pabrik Gula Blora dan meminimalisir penggunaan air tanah dengan membangun embung. “Kita sedang menerapkan langkah-langkah penghematan air dengan membangun embung-embung baru sesuai arahan Dirut PT.GMM,” kata Humas GMM

Pj. Bupati Blora, Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, M.M. mengatakan bahwa persoalan ini akan dapat diselesaikan dengan baik oleh PT. GMM. “Tadi sudah dibacakan komitmen dari PT. GMM terhadap rekomendasi PSLH UGM. Dan itu memang saya minta untuk dibuat dan Pemkab melalui BLH akan melakukan pemantauan situasi di sana,” tegasnya. Ihwan Sudrajat juga menyampaikan terima kasih kepada PT. GMM atas sikap kooperatifnya selama dilakukan penelitian terhadap air Waduk Bentolo dengan memberikan data-data yang diperlukan. (adi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »