Semula Hanya Rp 7 Miliar, 2023 Blora dapat DBH Migas Rp 160 Miliar


 
BLORA - Perjuangan panjang Kabupaten Blora untuk mendapatkan porsi Dana Bagi Hasil (DBH) Migas dari Blok Cepu, akhirnya membuahkan hasil. Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menyampaikan, bahwa pada tahun anggaran 2023 nanti Blora dapat DBH Migas sebesar Rp 160 Miliar.
 
Suatu peningkatan yang signifikan pasca pengesahan revisi Undang-undang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD) di tahun 2022 ini.
 
"Jika tahun 2022 ini DBH Migas yang diperoleh Blora hanya Rp 7 miliar. Maka di 2023 nanti Blora akan dapat DBH Migas Rp 160 miliar karena adanya revisi UU nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah," jelas  Bupati H. Arief Sabtu (1/10/2022).
 
DBH Migas sebanyak Rp 160 miliar itu menurutnya akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan Kabupaten Blora tahun depan.
 
"InsyaAllah akan kita gunakan untuk meneruskan pembangunan jalan. Pasalnya saat ini masih banyak jalan kabupaten yang kondisinya rusak. Jika tahun 2022 ini kita bangun jalan dengan dana pinjaman semoga tahun depan bisa kita lanjutkan pembangunannya dengan anggaran dari DBH Migas," lanjut Bupati Blora.

Prediksi Rp 400 Miliar Meleset

Pihaknya mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung upaya revisi UU HKPD sehingga Blora bisa masuk sebagai daerah penerima DBH Migas Blok Cepu.

 
"Terimakasih Pak Presiden, Bu Menteri Keuangan, Pak Menteri ESDM, Pimpinan DPR dan anggota DPR RI bersama seluruh jajaran. Beberapa kali kita gelar diskusi. Termasuk silaturahmi ke Kementerian Keuangan dan Kementerian ESDM untuk mengajukan usulan perhitungan DBH Migas. Seperti Maret lalu kita bertemu Dirjen Perimbangan Keuangan di Kudus, dan Rabu kemarin kita baru saja ke Dirjen Migas Kementerian ESDM. Alhamdulillah hasilnya baik," ungkap Bupati Blora.
 
H. Arief Rohman yang akrab disapa Mas Arief inipun mengaku akan terus mengupayakan agar kedepan DBH Migas bagi Kabupaten Blora terus meningkat.
 
"Dulu prediksi kami Blora bisa dapat sekitar Rp 400 miliar. Sejumlah formula perhitungan DBH Migas pun kita susun dan kita serahkan Kementerian terkait. Meskipun meleset hanya dapat Rp 160 miliar, tetap kita syukuri. Semoga kedepan dapat kita upayakan lagi agar lebih meningkat untuk mendukung pembangunan daerah," pungkasnya. (Prokompim/ADY/Red).
Share:

1 comments:

  1. Semoga Kota Blora Menjadi Lebih Baik, Bisa Adil, Makmur dan Sejahtera. Aamiin.

    ReplyDelete

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »