Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 di Blora, Bupati: Pemuda Jangan Berdiam Diri


Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di halaman sekretariat
daerah Blora. Foto: Prokompim Blora

BLORA –  Di peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022 yang mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”, Bupati Blora  mengajak pemuda Blora untuk bersatu, berkolaborasi membangun untuk kemajuan negeri.
 
“Mari seluruh Pemuda Blora untuk bersatu, berkolaborasi, saling membantu, melaksanakan program - program pembangunan kepemudaan yang baik demi kemajuan negeri. Pemuda jangan berdiam diri, mari bergerak bersama,” tandas Bupati Blora H. Arief Rohman, SIP., M.Si., ketika menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 di halaman Kantor Sekretariat Daerah. Jumat, 28 Oktober 2022.
 
Upacara yang diikuti jajaran Forkopimda, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur TNI, Polri, ormas, organisasi kepemudaan, pelajar, mahasiswa, PMI hingga Pramuka itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI).
 
“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” ucap Bupati membacakan amanat Menpora RI.
 
Dikatakan, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.
 
Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.
 
“Saudara-saudara sekalian, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah "Bersatu Bangun Bangsa". Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” ucap Amanat Inspektur Upacara.

 
“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang,” tegas Amanat Inspektur Upacara.
 
Menurutnya, Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.
 
“Jika kita melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan,” sambung Amanat Inspektur Upacara.
 
Pihaknya juga mengingatkan bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan.
 
“Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi,” ungkap Amanat Inspektur Upacara.
 
“Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni,” pungkas Amanat Inspektur Upacara. (Prokompim/ADY/Red)
Share:

2 comments:

  1. KASIH AJA PEKERJAAN BOS, BIAR MEREKA ADA PENGHASILAN, SOLUSINYA YANG BAIK.

    ReplyDelete
  2. SATU TONGGAK UTAMA DALAM SEJARAH PERGERAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA, LALU SEKARANG: APA YANG HARUS KITA LANJUTKAN ? UNTUK MASA DEPAN BANGSA INDONESIA ? TENTUNYA SUMPAH PEMUDA AKAN TERUS BERADA DISETIAP DARAH YANG MENGALIR DALAM JIWA RAGA PEMUDA INDONESIA, MENJADI TULANG YANG KUAT BAGI PEMUDA UNTUK TERUS BERKARYA, BERPRESTASI DALAM MEMAJUKAN BANGSA INDONESIA, MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN, SELALU MEMBANGUN KEBERSAMAAN, TOLERANSI, KARYA DISETIAP BIDANG YANG ADA SESUAI DENGAN KOMPETENSI YANG DIMILIKI. MENGHILANGKAN SIFAT EGOIS, APATIS, DAN NEGATIF LAINNYA. SEGERWARAS.

    ReplyDelete

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »