Motivasi Ekonomi Kreatif, Anggota Polres Blora Sambangi Warga Budidaya Jamur

Anggota Polres Blora Sambangi Warga Desa Bangoan 
BLORA - Untuk mewujudkan ketahanan pangan serta mendukung ekonomi kreatif di masa pandemi covid-19, Bhabinkamtibmas desa Bangoan Polsek Jiken Polres Blora Polda Jawa Tengah Bripka Nyamat Ari Widodo, menyambangi warga binaannya yang tergabung dalam Kelompok Tani Timbul Mulyo desa Bangowan Kecamatan Jiken Kabupaten Blora.

Kelompok Tani Timbul Mulyo di desa Bangoan tersebut adalah salah satu kelompok tani yang mulai berkecimpung dalam kegiatan ekonomi kreatif, yaitu dengan budidaya jamur janggel. Sebagian besar anggota kelompok tani tersebut telah mempunyai usaha budidaya jamur janggel tersebut.

Bhabinkamtibmas Bripka Nyamat Ari Widodo menjelaskan bahwa berawal dari banyaknya bonggol jagung (janggel)  yang melimpah saat musim panen jagung ini, disitulah mulai mengajak warga untuk memanfaatkan janggel tersebut guna budidaya jamur janggel.

"Saat musim panen jagung, banyak janggel yang dibuang, untuk itulah kita ajak  warga belajar bersama dalam budidaya jamur janggel, sehingga janggel bisa lebih bermanfaat," ucap  Bhabinkamtibmas Bangoan.

Bhabinkamtibmas melanjutkan, selain mudah dan murah, budidaya jamur janggel juga bisa menambah penghasilan, karena jika panen melimpah, jamur tersebut laku dijual di pasar.

"Caranya gampang yaitu meletakkan janggel kedalam wadah plastik yang sudah dibuat. Kemudian siram janggel tersebut sampai basah kebawah, kemudian taburin ragi yang sudah di haluskan. Jika sudah disiram kita tunggu sampai 3 mingguan untuk bisa dipanen jamur," beber Bripka Nyamat.

Sementara itu, Sriyono  salah satu warga Bangoan  yang telah mempunyai usaha budidaya jamur janggel mengatakan bahwa dengan budidaya jamur janggel yang telah di tekuninya, bisa menambah penghasilan untuk kebutuhan keluarga.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pak Bhabinkamtibmas yang terus memberi motivasi, alhamdulilah selain untuk konsumsi sendiri, jika panen jamur melimpah bisa dijual di pasar dan menghasilkan uang," tutur Sriyono.

Terpisah, Kapolsek Jiken Iptu Eko Septi Supriyono,SE mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendorong anggota, terutama bhabinkamtibmas agar selalu aktif dalam kegiatan kemasyarakatan di daerah binaannya.

"Bhabinkamtibmas harus aktif di desa binaan, selain untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman, juga bisa memberikan terobosan dan inovasi yang mungkin bermanfaat bagi warga binaan," tandas  Iptu Eko Septi. (WN/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »