Pengurus Baru Baznas Blora 2022–2027 Diminta Optimalkan Potensi Zakat Diatas Rp 1 Miliar per Bulan


Bupati Blora H. Arief Rohman melantik Pengurus Baznas Kabupaten Blora
periode 2022-2027 di ruang Pertemuan Setda Blora. Foto: Prokompim Blora

BLORA – Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora periode 2022-2027, dilantik Bupati Blora, pada Jumat, 4 November 2022. Pengurus baru tersebut diminta optimalkan potensi zakat di Blora hingga diatas Rp 1 Miliar/bulan.

Pengurus Baznas yang dilantik  Bupati Blora di ruang Pertemuan Setda Blora tersebut,  masing-masing, H. Sutaat S.Pd (Ketua), Widodo M.Pd (Wakil Ketua I), Nur Rokhim S.Pd (Wakil Ketua II),  Imam Suyono M.Ag (Wakil Ketua III) dan  H. Abdul Halim, M.Hi (Wakil Ketua IV).

H. Arief Rohman, S.IP, M.Si yang akrab disapa Mas Arief berharap, kedepannya zakat yang ada di wilayah Kabupaten Blora bisa mencapai lebih dari satu miliar setiap bulannya. Dikemukakan, bahwa di Kabupaten Blora masih banyak potensi zakat yang masih bisa digali. 

‘’Ini menjadi tantangan bagi kita kalau mungkin sekarang per bulannya sekitar 700 juta, kalau bisa nanti ditingkatkan  di atas Rp 1 Miliar. Nanti coba kita diskusikan polanya seperti apa, rumusannya seperti apa. Dari Pemda akan mendukung apa yang menjadi program Baznas ke depan,” kata Mas Arief.

Selain menggali potensi zakat dari ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora, Lanjut Mas Arief, perlu juga menggali potensi - potensi lainnya yang bisa meningkatkan perolehan zakat di Kabupaten Blora.  

“Di Blora ini, pengumpulan zakat ASN ini baru dari gaji pokoknya saja, mungkin nanti bisa kita mulai termasuk nanti TPP dan sebagainya. Kalau memang ada kesadaran kita sosialisasikan, kita awali dari pimpinan dulu Kepala OPD, untuk memberikan contoh,” imbuh Mas Arief.

Pengentasan Kemiskinan

Bupati Blora  mengungkapkan, bahwa  keberadaan zakat yang dikelola Baznas sangatlah penting, sehingga bisa untuk mendorong perekonomian masyarakat, pemberdayaan masyarakat, dan juga membantu pemerintah, dalam hal penanganan masalah sosial. Yang tidak bisa langsung ditangani APBN dan APBD, bisa ditangani Baznas Kabupaten Blora. 


“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blora, saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Baznas Blora periode 2018-2022 atas semua kinerjanya yang sangat luar biasa. Selamat kepada pengurus Baznas Blora periode 2022-2027, semoga bisa meneruskan program - program Baznas sebelumnya. Kinerjanya bisa ditingkatkan lagi hingga keberadaanya dapat senantiasa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelas Bupati H. Arief.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah Dr. KH. Ahmad Darodji, mengatakan,  bahwa Baznas Kabupaten Blora merupakan lembaga pemerintah. Sehingga diharapkan dapat turut membantu program pemerintah, dimana salah satunya berkaitan dengan pengentasan kemiskinan.

“Gali potensi zakat di Blora untuk membantu Pak Bupati, kemiskinan di Blora ini masih cukup tinggi, dan cakupan Baznas ini termasuk untuk pengentasan kemiskinan juga,” ungkap KH Ahmad Darodji.

KH. Ahmad Darodji mengapresiasi kepengurusan Baznas Blora periode sebelumnya yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

“InshaAllah dibawah kepemimpinan yang lalu, Baznas Kabupaten Blora sudah bagus, tetapi kepengurusan ke depan harus lebih bagus,’’ harap KH.  Ahmad Darodji.  (Prokompim/ADY/Redaksi)

Share:

1 comments:

  1. MASIH BANYAK YANG MISKIN ??? KASIHAN YA. KALAU BEGITU MENGENTASKAN WARGA MISKIN JANGAN PILIH - PILIH DONG.

    ReplyDelete

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »