Dirjen Holtikultura Minta Blora Ditanami Tanaman Buah dengan Terkonsentrasi


Dirjen Hortikultura Kementan RI Dr. Ir. Prihasto Setyanto, Kepala DP4 Blora 
drh. Gundala Wejasena bersama Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST. MM.
Foto: Prokompim Blora

BLORA – Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) RI Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc meminta agar pengembangan tanaman buah yang ada di Kabupaten Blora untuk  dapat dilakukan secara terkonsentrasi. 

“Misalnya satu wilayah nanti khusus alpukat, atau khusus kelengkeng,  kita harus terkonsentrasi, setelah konsentrasi nanti ada pengawalan pendampingan bagaimana cara melakukan budidaya, bagaimana supaya pasca panennya seperti apa,” jelas Dirjen saat melakukan kunjungan ke Kampung Buah di Dukuh Klapanan, Desa Tunjungan, Kabupaten Blora, Selasa (8/11/2022).

Didampingi Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, Dirjen Holtikultura meninjau potensi buah-buahan Kabupaten Blora, mulai dari Jambu Kristal, Blimbing, Klengkeng, Alpukat, hingga Durian.

Manfaatkan Lahan Pekarangan

Pihaknya juga meminta agar lahan - lahan pekarangan yang ada dapat dimanfaatkan dengan optimal, untuk ditanami tanaman buah dengan terkonsentrasi.

“Kalau kita memanfatkan pekarangan-pekarangan, misal satu rumah punya 10 pohon kelengkeng, kalau satu kampung ini tertanam semua paling tidak ini bisa nantinya menjadi kampung kelengkeng,” imbuh Prihasto Setyanto.

Kemudian, setelah itu juga perlu untuk diberikan dukungan dari segi pemasaran.

“Pasar membutuhkan tiga hal yakni kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas, ini tidak boleh macet, kita bangun bersama-sama, komunikasi dengan kami, kita potensi untuk pekarangan di Blora ini banyak,” pesan Dirjen Holtikultura.

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, mengungkapkan bahwa pihaknya siap untuk mendukung berkembangnya potensi buah-buahan dari wilayah  Blora ini. Termasuk untuk menindaklanjuti apa yang menjadi masukan dan arahan dari Dirjen Holtikultura.

“Terima kasih Pak Dirjen Holtikultura atas masukan dan dukungannya untuk pengembangan potensi buah-buahan di Blora ini, kita akan terus dorong agar sektor tanaman buah disini nantinya bisa dioptimalkan,” tandas Wabup Blora. (Prokompim/ADY/Redaksi)
Share:

1 comments:

  1. FOLLOW UP YANG PENTING, DILAKSANAKAN DENGAN KERJA NYATA, TERKONSENTRASI, HINGGA BERMANFAAT UNTUK MASYARAKAT BLORA.

    ReplyDelete

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »