Jelang Pilkada 2020, Polisi Di Swab Test


BLORA - Jelang pengamanan tahap pemungutan suara Pilkada 2020 kabupaten Blora. Seluruh anggota Polsek Jiken Polres Blora Polda Jawa Tengah di Swab Test oleh Puskesmas Jiken, Selasa, (24/11/2020).


Adapun sebanyak 21 anggota di Swab Test dengan dibagi dua gelombang, yaitu gelombang pertama hari ini 10 anggota dan selanjutnya gelombang kedua 11 anggota yang akan dilakukan pada hari kamis lusa.


Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi,SH,MH mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu instruksi Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK,M.Hum sekaligus menjadi salah satu ketentuan KPU bahwa setiap petugas keamanan yang berjaga di TPS harus negatif Covid-19 yang dinyatakan dengan hasil Swab Test.


"Petugas PAM TPS harus betul betul sehat dan negatif Covid-19, untuk itulah seluruh anggota akan kita Swab Test," ucap Kapolsek Jiken.


Lebih lanjut mantan Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Blora ini membeberkan bahwa selain petugas keamanan, seluruh stake holder pelaksana Pilkada yang akan bertugas Di TPS wajib Swab Test. Dengan tujuan utama untuk menghindari kluster baru Covid-19 dalam Pilkada 2020.


"Jangan sampai Pilkada 2020 menimbulkan kluster baru Covid-19. Untuk itu baik petugas maupun lokasi TPS harus steril," tandas Iptu Nur Dwi Edi.


Adapun pelaksanaan Swab Test dipimpin oleh Dokter Puskesmas Jiken Dr. Ririh Rahadian beserta tim medis Puskesmas. 


Untuk diketahui pelaksanaan Swab Test anggota Polres Blora dilakukan atas kerja sama Polres Blora dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. Dan untuk menghindari kerumunan, maka teknis pelaksanaan Swab Test digelar di wilayah Polsek masing masing dengan bekerja sama dengan Puskesmas setempat.


Selain memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan anggota, petugas yang akan mengamankan tahapan pemungutan suara Pilkada 2020 juga akan dibekali dengan masker dan handsanitizer untuk mencegah Covid-19. Tak lupa Kapolsek mengingatkan anggotanya agar selama dalam pelaksanaan tugas selalu memperhatikan protokol kesehatan, dan bisa mengajak warga untuk minimal menerapkan 4 M. Yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.


"Intinya kita ingin menjaga Pilkada 2020 agar tetap aman, selain aman dari gangguan kamtibmas juga aman dan bebas dari Covid-19. Untuk itu semua penyelenggara diwajibkan Swab Test, termasuk juga anggota Polri," pungkas Iptu Nur Dwi Edi. (ADY/Red)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »