Bupati Blora Ambil Keputusan Tegas Tentang Distribusi Pupuk Ke Petani


BLORA - Bertempat di ruang pertemuan Sekretariat Daerah, Bupati memimpin rapat koordinasi (rakor) pengendalian pupuk bersubsidi dengan menggunakan kartu tani di Kabupaten Blora didampingi oleh Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian dan Perkebunan  Provinsi Jawa Tengah, Ir. Tri Susilarjo, wakil ketua DPRD, Siswanto serta Perwakilan dari Kejaksaan Negeri, pada senin (09/11/2020).


Rapat tersebut dilaksanakan setelah melihat adanya permasalahan pendistribusian pupuk bersubsidi ke petani Blora, dimana saat musim tanam ini banyak petani yang mengeluh tentang kelangkaan pupuk bersubsidi.


Setelah mendengarkan keluhan yang disampaikan oleh perwakilan berbagai pihak mulai dari petani, distributor hingga  yang menyampaikan tentang permasalahan kelangkaan pupuk bersubsidi di pasaran, perwakilan distributor menyampaikan permasalahan distribusi pupuk bersubsidi ke petani terjadi karena adanya regulasi yang mengakibatkan distributor dan Kios Pupuk Lengkap (KPL) yang biasa disebut pengecer takut untuk mengambil keputusan.


Mendengar keluhan yang disampaikan, Bupati mengambil beberapa kebijakan tegas dan strategis, dimana sasaran utamanya adalah ketersediaan pupuk terutama yang bersubsidi dapat dinikmati petani untuk memperoleh hasil panen yang optimal.


Untuk para petani yang belum memiliki kartu tani dan sudah masuk ke Sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) harus segera dilayani oleh pengecer, dengan catatan mengisi form yang telah disediakan dimana form tersebut telah ditanda tangani, sehingga petani bisa segera menerima pupuk bersubsidi yang dibutuhkan dan pengecer tidak melanggar regulasi yang ada.


Sedangkan untuk yang telah memiliki Kartu Tani tetapi belum masuk ke sistem e-RDKK untuk tahun ini belum bisa dilayani dikarenakan meskipun telah memiliki Kartu Tani belum tentu  membutuhkan pupuk pada tahun ini, sehingga tidak mendaftar ke e-RDKK.


“Keputusan ini perlu saya tegaskan supaya tidak terjadi keruwetan dalam hal pendistribusian pupuk terutama yang bersubsidi,"  Ucap Djoko nugroho dan disambut baik oleh peserta yang hadir.


Bupati juga meminta kepada para distributor dan pengecer untuk mengoptimalkan pupuk bersubsidi dahulu dengan tujuan supaya petani dapat segera memulai masa tanam ini.


“Saya meminta para distributor dan pengecer tidak memaksakan pembelian pupuk non subsidi,” tandas Bupati.


Djoko Nugroho  juga menyampaikan bahwa pengawasan mengenai distribusi pupuk bersubsidi ini harus terlaksana dengan baik.


"Saya ingin sistem pengawasan distribusi pupuk bersubsidi mulai tingkat kabupaten, kecamatan sampai dengan desa harus terlaksana dengan baik, bukan hanya sebuah formalitas saja. Gunakan sumber dana yang ada dengan baik," kata Djoko Nugroho.


Di akhir rakor, Bupati memerintahkan kepada para camat dan forkopimcam untuk segera melakukan pengecekan pupuk bersubsidi ke gudang - gudang di semua wilayah Kabupaten Blora, dimana ada 4 gudang pupuk bersubsidi, distributor sampai ke pengecer yang melayani kebutuhan di wilayah Blora, dimana Gudang pupuk bersubsidi yang berasal dari produsen terlatak di Blora, Ngawen, Randublatung dan Cepu.


"Saya minta para camat didampingi forkopimcam untuk segera melakukan pengecekan ketersediaan pupuk bersubsidi ke semua gudang produsen, distributor sampai pengecer, hasilnya segera laporkan ke saya, untuk secepatnya kita ambil langkah tepat." tegas  Bupati.


Turut hadir dalam acara rakor ini adalah Forkopimda, anggota DPRD, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, Msi, Kepala Dinas Pertanian, Komisi B DPRD, Staf Ahli Bupati dan Asisten sekda, Camat se Kabupaten Blora, Perwakilan pupuk Pusri dan Petrokimia, ADM perhutani se-Kabupaten Blora, Distributor pupuk bersubsidi, Pengecer pupuk subsidi dan HKTI Blora. (ADY/Red)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »