Bupati Pimpin Apel Kesiapsiagaan Dan Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana Di Blora


BLORA - Bupati Blora, H. Djoko Nugroho, Rabu (11/11/2020) bertempat di Alun-alun Blora memimpin Apel Kesiapsiagaan dan Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana untuk menghadapi musim hujan tahun 2020 tingkat Kabupaten Blora.


Mengawali sambutannya Bupati mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini yang dinilai paling lengkap.


"Apel ini mungkin paling lengkap dibanding apel-apel serupa di Jawa Tengah, semua peralatan dikeluarkan. Dan memang seharusnya seperti ini," ucap Djoko Nugroho.


Selanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa letak geografis Indonesia menjadikan negara ini dihadapkan dengan beraneka ragam bencana, seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan sebagainya.


"Letak geografis Indonesia diantara dua benua, dua samudra belum lagi lempengan-lempengan bisa dikatakan bahwa Indonesia supermarketnya bencana alam, mau dari atas dari permukaan dari bawah bencana itu ada semuanya dan sewaktu-waktu bisa muncul," kata Bupati


Bupati mnyontohkan bencana yang saat ini terjadi yaitu di Gunung Merapi, kampung-kampung diatas sana dikosongkan, karena ada indikasi turunnya lahar panas. Yang diawali dengan adanya letusan -letusan.


"Indikasi lainnya binatang-binatang turun semuanya. Alhamdulilah..Blora tidak ada gunung berapi, ada nya banjir. Banjir itu kiriman bengawan Solo ketika Gajahmungkur meluap, yang kita khawatirkan adalah terjadinya banjir  bandang," ungkap Bupati


Bencana di Kab. Blora kekeringan, kebakaran dan angin puting beliung yg beberapa waktu lalu menimpa warga Kab. Blora.


"Angin puting beliung sudah tiga kali terjadi di wilayah Blora dan syukur alhamdulilah atas kerjasama dan bantuan OPD-OPD bisa teratasi dengan baik," ujar Djoko Nugroho


Bupati menyampaikan ada keinginan dari Pemerintah Kabupaten Blora untuk melengkapi peralatan-peralatan mengatasi bencana, salah satunya mobil pemadam kebakaran di Kecamatan Ngawen dan Kecamatan Randublatung tahun depan.


"Saya ucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini, apel ini menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita siap membantu masyarakat Kab. Blora menghadapi bencana," lanjut Bupati.


Apel yang diikuti oleh Forkopimda, Kepala OPD terkait, Pasukan TNI/Polri serta tim gabungan penanggulangan bencana Kab. Blora dilanjutkan dengan peragaan penanganan bencana banjir oleh  Badan Penanggulangan Penanggulangan Bencana Kabupaten Blora. (ADY/Red)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »