DPK Blora Terima Donasi Al-Qur’an Huruf Braille


BLORA - Perpustakaan Umum Daerah yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, kini memiliki koleksi mushaf Al-Qur’an huruf braille sebanyak dua paket. Al-Qur’an tersebut merupakan donasi dari masyarakat umum sebagai bentuk dukungan penambahan koleksi buku keagamaan di Perpustakaan Umum Daerah.


Bedanya, Al-Qur’an ini tidak berbentuk tulisan arab sebagaimana umumnya. Namun terdiri dari huruf braille berupa titik titik yang timbul sehingga bisa diraba oleh para penyandang tuna netra ketika membacanya.


Kepala DPK Blora, Aunur Rofiq, SE, M.Si, melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Nugraheni Wahyu Utami, SP, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada masyarakat yang telah peduli untuk menambah koleksi bahan pustaka di Perpustakaan Blora.


“Al-Qur’an braille ini merupakan donasi dari Pak Ahmad Bisri, warga Desa Gedongsari, Kecamatan Banjarejo. Beberapa hari lalu diserahkan langsung kepada kami di rumahnya. Alhamdulillah, terimakasih atas donasinya, semoga Al-Qur’an braille ini bisa bermanfaat dan membawa keberkahan bagi setiap pembacanya,” ungkap Nugraheni, Senin (9/11/2020).


Menurut Nugraheni, satu paket Al-Qur’an braille ini terdiri dari 30 buah buku, yang mana masing-masing buku terdiri dari 1 juz Al-Qur’an. Sehingga Al-Qur’an ini bisa menjadi bahan koleksi pustaka apabila ada pemustaka difabel tunanetra, buku sudah tersedia.


“Kebetulan kami dari Bidang Perpustakaan juga sudah menjalin kerjasama dengan komunitas difabel dalam bentuk layanan perpustakaan pada tanggal 15 disetiap bulannya. Untuk komunitas difabel biasanya kita bawakan buku-buku tentang ketrampilan, seni batik, pertanian dan hobi lainnya,” tambah Nugraheni.


Pihaknya juga akan mencoba koordinasi dengan seluruh sekolah luar biasa yang ada di Kabupaten Blora, sehingga bisa mengakomodir kebutuhan buku untuk para penyandang disabilitas yang masih duduk di bangku sekolah.


“Kami juga membuka kesempatan untuk masyarakat yang mempunyai beragam koleksi buku, bisa mendonasikan bukunya ke Perpustakaan Umum Daerah agar bisa lebih banyak dibaca. Kami juga sedang mencari koleksi buku-buku lama tentang sejarah Blora,” sambungnya.


Terpisah, Ahmad Bisri mengaku senang bisa mendonasikan buku mushaf Al-Qur’an huruf braille yang ia miliki untuk tambahan koleksi Perpustakaan Umum Daerah Blora.


“Saya memang sudah lama ingin menyumbangkan Al-Qur’an, ada nadzar tersendiri. Alhamdulillah sudah saya tunaikan. Semoga bermanfaat, lebih-lebih nantinya bisa dimanfaatkan untuk penyandang disabilitas tuna netra,” pungkasnya. (ADY/Red)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »