KPU Targetkan Partisipasi Pemilih Di Pilkada 2020 77,5 Persen


BLORA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora mentargetkan partisipasi pemilih di Pilkada 2020 mencapai 77,5 persen. Meski berat, KPU Blora cukup realistis untuk mewujudkan target tersebut.

Ketua KPU Blora, Hamdun mengatakan, capaian 77,5 persen partisipasi tersebut merupakan target yang telah ditetapkan oleh KPU RI.

"Target partisipasi sudah ditetapkan KPU RI, tentu tidak ada pilihan lain selain kita harus menjalankannya. Kita harus realistis. Upaya harus tetap dilakukan apapun nanti hasilnya," Jelas Hamdun saat audiensi dengan PWI di Kantor PWI Blora, Senin (05/10/2020).

Berkaca dari dua Pilkada sebelumnya. Target 77,5 persen partisipasi dianggapnya sebuah angka yang cukup besar.

Perlu diketahui, pada Pilbub 2015 dan Pilgub Jateng 2018 lalu, angka partisipasi pemilih di Blora di kisaran 65-70 persen.

"Berkaca pada Pilkada 2015 dan Pilgub 2018, partisipasi kita di angka 65-70 persen. Dan ini menuju angka 77,5 persen, ini angka besar jika kita berkaca pada dua Pilkada lalu," ungkapnya.

Menurut Hamdun, perlu kerja keras untuk mencapai angka partisipasi itu. Terlebih Pilkada tahun ini digelar di tengah Pandemi Covid-19.

"Pilkada tahun ini tidak reguler, tapi ekstra ordinary sehingga harus ada upaya besar. Kita gandeng temen-temen media untuk mewujudkan ini. Untuk menyampaikan berbagai hal perubahan-perubahan khususnya proses pemungutan dan penghitungan suara sehingga tidak terjadi kebingungan di tengah masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Achmad Husein Komisioner KPU Divisi Teknik mengatakan, dalam pelaksanaan pemungutan suara akan tetap menggunakan protokol kesehatan. Di setiap TPS akan disediakan alat cuci tangan, kaos tangan, masker dan pengukur suhu tubuh.

"Suhu di atas 37 derajat tidak boleh masuk. Ini masih dibahas apakah nanti ada bilik khusus sehingga warga tetap bisa melakukan pencoblosan di bilik khusus itu," jelasnya. (ADY/Red)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Temu Petani Tebu Blora dengan Pendiri Pabrik Gula Rembang

BLORA — Dalam acara temu kangen, seorang pengusaha Kamajaya yang dulu membidani Pabrik Gula (PG) Blora bertemu dan berdialog de...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »