Sambang Bhabinkamtibmas, Budidaya Jangkrik Ekonomi Kreatif Dimasa Pandemi Covid-19


BLORA - Bhabinkamtibmas Desa Sukorejo Polsek Tunjungan Polres Blora Aiptu Sistiyono menyambangi peternak jangkrik, sebagai salah satu wujud dukungan sekaligus untuk mengembangkan ekonomi kreatif di wilayah desa binaan, pada masa pandemi Corona Virus Desease (Covid-19), Kamis  (01/10/2020).


Kegiatan Sambang dilakukan untuk memberikan motivasi kepada peternak jangkrik di wilayah RT 05/03 desa Sukorejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.


Bhabinkamtibmas  mengungkapkan bahwa dirinya selaku bhabinkamtibmas selalu aktif turun ke desa binaan untuk memantau perkembangan situasi serta kerawanan daerah yang mungkin terjadi.


"Sambang kita lakukan untuk memantau perkembangan wilayah, selain itu kita juga membaur bersama warga untuk memberikan support dan dukungan jika warga mempunyai program ataupun terobosan yang bisa membawa manfaat bagi sesama, dimasa pandemi saat ini," ucap Bhabinkamtibmas.


Lebih lanjut Aiptu Sistiyono  menguraikan bahwa ternak jangkrik yang dilakukan oleh warga binaannya terbilang menarik dan hasilnyapun lumayan untuk menambah penghasilan warga.


Bhabinkamtibmas  menambahkan jika ditemukan kendala dalam beternak jangkrik pihaknya siap membantu warga untuk memfasilitasi menemukan solusi tentunya bersama dengan dinas terkait demi kemajuan warga desa binaannya.


Perawatan, sambung Aiptu Sistiyono yang terbilang mudah dan pemasarannya pun juga tidak sulit, dimana untuk pakan jangkrik bisa di dapat dari alam sekirarnya berupa daun daunan, dan jika waktunya panen, penjualannyapun mudah, dimana sudah ada pelanggan yang membeli.


"Konsumsi jangkrik kebanyakan masuk sebagai pakan burung berkicau," ucap Aiptu Sistiyono.


Salah satu peternak jangkrik setempat, Sinung  mengaku senang dengan dukungan dari Bhabinkamtibmas. Dirinya merasa lebih tenang dengan kehadiran bhabinkamtibmas yang siap membantu jika ditemukan kendala.


"Kami senang dengan kehadiran Bhabinkamtibmas dan lebih semangat dengan adanya dukungan beliau," tutur Sinung.


Terpisah, Kapolsek Tunjungan AKP Budiyono,SH menjelaskan bahwa pihaknya selalu mendorong anggotanya terutama bhabinkamtibmas untuk selalu aktif membaur bersama warga, sehingga bisa mengetahui perkembangan situasi serta bisa lebih dekat dengan masyarakat hingga lapisan bawah.


"Jika kita dekat dengan masyarakat, maka untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif akan lebih mudah, tentunya jika warga ikut aktif dan kooperatif," pungkas  Kapolsek Tunjungan. (ADY/Red)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Temu Petani Tebu Blora dengan Pendiri Pabrik Gula Rembang

BLORA — Dalam acara temu kangen, seorang pengusaha Kamajaya yang dulu membidani Pabrik Gula (PG) Blora bertemu dan berdialog de...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »