Maret 2023 Terminal Tipe A Cepu Akan Dibangun Kementerian Perhubungan RI


Terminal Tipe A Cepu di Kecamatan Cepu yang Akan Dibangun
Kementerian Perhubungan RI. Foto: Prokompim Blora.

BLORA – Bupati Blora  menyampaikan bahwa pada tahun 2023, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat akan membangun dan merenovasi Terminal Tipe A Cepu di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Dikatakan, Rabu 14 Desember 2022 lalu, sudah ada tim dari Kementerian Perhubungan yang datang ke kota Blora untuk melakukan survei lapangan. 

"Rabu lalu kita dampingi tim dari Pusat saat berkunjung ke Terminal Cepu. Melihat langsung kondisi lapangan dan sejumlah sarana prasarana yang perlu untuk diperbaiki agar ke depan bisa lebih modern, nyaman, dan bersih," ucap Bupati H. Arief. Sabtu (17/12/2022).

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menjelaskan bahwa  pembangunan akan meliputi penataan drainase agar tidak banjir saat hujan. Kemudian penataan ruang tunggu penumpang, penataan kios penjual tiket, tempat pemberhentian bus dan lainnya. Termasuk akses jalan masuk dan keluar terminal. 

"Infonya dari Kementerian Perhubungan, akan dilakukan pembangunan mulai bulan Maret 2023. Sebelum pembangunan dilakukan, kami minta agar dilakukan sosialisasi kepada seluruh penjual tiket, penyewa kios, dan masyarakat sekitar terminal. Pada intinya Pemkab mendukung pembangunan terminal tipe A Cepu ini," kata Bupati Blora. 

Bupati Blora pun mengaku wajah Terminal Cepu ini sudah sangat lama tidak ada perbaikan. Sehingga mendesak untuk direhab dan ditata ulang, karena ini merupakan salah satu gerbang transportasi Jawa Tengah di wilayah timur. 

"Saya terakhir naik bus dari Terminal Cepu ini ya dulu saat masih kuliah di Jombang. Dari Blora naik bus ke Terminal Cepu, ganti bus jurusan Surabaya disini untuk menuju Jombang. Maturnuwun Pak Menteri Perhubungan yang akan membantu kita rehab Terminal Cepu. Okupansi penumpang disini juga cukup tinggi," jelas Bupati H. Arief.

Pihaknya ingin agar kedepan Kecamatan Cepu bisa menjadi pintu gerbang ekonomi Jawa Tengah di bagian timur. 

"InshaAllah Januari 2023 nanti penerbangan di Bandara Ngloram dibuka kembali. Stasiun Cepu juga mulai dilakukan penataan oleh PT. KAI, kini giliran Terminal Tipe A Cepu akan direhab Kementerian Perhubungan. Kami optimis Cepu kedepan bisa jadi pusat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blora. Semangat Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan," tandas Bupati Blora. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, Perhubungan (Dinrunkimhub) Blora, Drs. Pitoyo Trusingtyas Sarodjo, menyampaikan bahwa di Kabupaten Blora ada beberapa terminal bus dengan berbagai kualifikasi. 

"Terminal Cepu merupakan Terminal Tipe A yang dikelola oleh Kemenhub, melayani trayek bus antar kota antar provinsi. Sedangkan Terminal Gagak Rimang Blora merupakan Terminal Tipe B yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Jateng. Selebihnya, ada Terminal Ngawen, Terminal, Randublatung, Terminal Kunduran masuk kategori Terminal Tipe C yang dikelola Pemkab," ujar Pitoyo Trusingtyas Sarodjo.

Pada kesempatan yang lain, Suhartini, salah satu warga Cepu menyambut baik rencana pembangunan Terminal Cepu yang akan dimulai tahun depan 2023. Menurutnya memang sudah saatnya Terminal yang bersebelahan dengan Pasar Induk Cepu itu diperbaiki.

"Banyak fasilitas yang rusak. Apalagi setiap hujan banyak genangan air. Baguslah kalau mau dibangun diperbaiki. Saya setuju, biar yang datang ke Cepu merasa nyaman. Maturnuwun Pak Bupati dan pak Menteri sudah mengupayakan pembangunannya. Kalau bisa ditambah armada busnya yang bagus - bagus," harap Suhartini. (Prokompim/ADY/Redaksi)
Share:

1 comments:

  1. SEMOGA DIREALISASI, SEHINGGA MASYARAKAT LEBIH NYAMAN KATIKA BERPERGIAN.

    ReplyDelete

Hot News

5 Teman Terdekat Bisa Merubah Karakter Orang Kedepan

Inilah Hikmah Berteman Dari Berbagai Karakter Manusia, diantaranya:    ▪︎ Ada Teman yang bersifat keras dialah sebetulnya yang mendidik kita...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »