Inilah Rangkaian Ziarah ke Makam Bupati di Blora dan diluar Kota, Peringati Hari Jadi ke-273


Bupati bersama Wakil Bupati Blora ziarah ke Makam
Bupati di Blora dan diluar Kota. Foto: Prokompim Blora.

BLORA – Jelang Hari Jadi ke -273 Kabupaten Blora 11 Desember 2022, jajaran pemimpin di Blora  melaksanakan ziarah ke makam para leluhur dan Bupati terdahulu yang telah wafat. Selain itu juga melaksanakan anjangsana ke Bupati Sepuh yang masih hidup, sehat wal afiat. Rabu, (7/12/2022).

Ziarah dipimpin langsung oleh Bupati Blora H.Arief Rohman, S.IP., M.Si, bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM., dan jajaran Forkopimda Blora. Diikuti Sekda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat hingga para Kades dan Lurah.

Rombongan berangkat bersama dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora pukul 08:00 WIB. Ziarah pertama dilakukan di  Makam Keluarga Tirtonatan di Desa Ngadipurwo. Yang mana disana merupakan tempat pemakaman para Bupati Blora tempo dahulu.

Diantaranya Tumenggung Djajeng Tirtanata (1762-1782), Raden Tumenggung Prawirajoeda (1812-1823), RT Tirtakoesoema (1782-1812), RT Tirtanegara (1823-1842) dan (1843-1847), RT A Tjakranegara I (1842-1843), RT Natawidjaja (1847-1857), RT A Tjakranegara II (1857-1886), RMT Tjakranegara III (1886-1912), hingga RM Said Abdoelkadir Djaelani (1912-1926) seorang Bupati dari kalangan santri.

Kemudian rombongan ziarah menujuq ke Komplek Makam Gedong Ageng Sunan Pojok yang berada di selatan Alun-alun Kota Blora. Sunan Pojok merupakan panglima perang sekaligus ulama yang mendirikan Masjid Agung Baitunnur Blora.

Usai dari kawasan Kecamatan Blora Kota, ziarah berlanjut ke Kecamatan Cepu. Tepatnya ke TPU Giri Mulyo untuk ziarah di makam almarhum Bupati Blora Ir. H. Basuki Widodo (Bupati Blora 1999-2007).



Selanjutnya ziarah ke Makam Mbah Janjang (Jati Kusumo - Jati Sworo). Keduanya merupakan putra pangeran Pajang sekaligus ulama penyebar agama yang pesareannya ada diatas bukit Desa Janjang, Kecamatan Jiken.

Dimasing-masing lokasi ziarah ini, Bupati H. Arief  bersama rombongan melakukan pembacaan tahlil dan tabur bunga di pusara makam para leluhur dan Bupati Blora yang sudah meninggal.

"Ziarah dalam rangka Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora dilakukan untuk kembali mengingatkan kepada generasi penerus, kami semuanya, bahwa berdirinya dan keberlangsungan Kabupaten Blora tidak terlepas dari jasa para pendahulu yang kini telah gugur mendahului kita," kata Bupati Blora.

"Sekaligus mendoakan agar arwah para leluhur, Bupati Blora yang telah meninggal diberikan tempat terbaik disisi-Nya," imbuh Bupati H. Arief.

Selain ziarah didalam daerah, lanjut Bupati H. Arief, ziarah ke makam Bupati Blora yang berada diluar daerah yang telah wafat juga dilaksanakan.

"Beberapa hari lalu kita laksanakan ziarah di Semarang, Temanggung, Yogyakarta, dan Solo. InshaAllah besok akan ziarah ke Tuban, makam Tumenggung Wilotikto (Bupati pertama Blora) di daerah Bejagung,” tandas Bupati H. Arief Rohman. (Prokompim/ADY/Redaksi)

Share:

1 comments:

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »