Kirab Budaya, Bupati dan Wakil Bupati Jalan Kaki, dari Alun-Alun hingga Kantor DPRD Blora


Bupati dan Wakil Bupati 
Jalan Kaki, dari Alun-Alun hingga Kantor DPRD Blora,
pada Kirab Budaya Hari Jadi ke-273 Kota Blora. Foto: Prokompim Blora.

BLORA – Tepat pada 11 Desember 2022, Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora, diperingati dengan Kirab Budaya, yang berlangsung meriah.

Masyarakat Kabupaten Blora dan sekitarnya sangat antusias menyaksikan kirab budaya  yang berlangsung di sepanjang Jalan Pemuda hingga Jalan Ahmad Yani Blora. 

Start Pukul 08.00 Waktu Indonesia Barat dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten  Blora, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM beserta suami, dan Forkopimda Blora beserta istri/suami, lengkap dan serasi mengenakan pakaian adat jawa, beskap, jarik, lengkap dengan blangkonnya.

Begitu keluar melewati Gerbang Pendopo, ratusan  warga dari berbagai kalangan usia sudah antusias menantikan kedatangan rombongan kirab. Berbekal gawai, mereka nampak mengabadikan momen saat Bupati dan Wakil Bupati mengikuti kirab.

Bahkan, banyak warga yang ingin bersalaman, hingga berfoto Selfie bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati. Dengan penuh keramahan, Bupati dan Wakil Bupati menyapa bahkan mempersilakan warga untuk berfoto dan selfie bersama.

Suasana kedekatan pemimpin dengan warganya tersebut terjadi bahkan sepanjang perjalanan menuju lokasi akhir kirab, panggung display di depan Kantor DPRD Kabupaten Blora.

“Alhamdulillah setelah jalan dari Alun-Alun finish di DPRD, dalam rangka kirab budaya memperingati hari jadi Kabupaten Blora yang ke-273, mohon doanya selalu untuk Blora ini agar kedepannya semakin maju,” jelas Bupati Blora ketika  ditemui awak media di panggung display, usai mengikuti kirab.

Senang Bisa Sapa Warga

Mengenakan beskap Gaya Surakarta (Mangkunegaran) dan jarik,  Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan kirab berjalan kaki, dari Alun-Alun hingga Kantor DPRD Blora.

Meski demikian, Bupati H.  Arief mengaku merasa senang dan tidak capek, karena bertemu dengan masyarakat yang sangat antusias dengan adanya kirab ini.

“Tidak capek, tadi sepanjang jalan bisa menyapa masyarakat, momen setahun sekali dan tadi berfoto-foto bersama masyarakat,” ucap Bupati H. Arief Rohman yang akrab disapa Mas Arief.

Mas Arief berharap momentum hari jadi ini bisa menjadi semangat untuk sesarengan agar Blora bisa semakin maju.

“Harapannya, semoga Blora semakin maju semakin dan sukses kedepannya,” tandas Mas Arief.

Setibanya di panggung display didepan Kantor DPRD Blora, Bupati H. Arief dan Wakil Bupati Blora  menyaksikan penampilan dari masing-masing peserta Kirab Budaya Hari Jadi ke-273 Kota Blora. Mulai dari penampilan kesenian Barongan, kesenian tayub, Reog, jaranan, pentas teater, tarian pasukan Ki Soreng,  barongsai, dan masih banyak penampilan menarik lainnya.

Pada kesempatan itu, salah satu warga yang menyaksikan kirab tersebut adalah Eko Wijanarko  (31th)  mengaku sengaja mengajak anaknya untuk menyaksikan pawai kirab budaya di sekitaran panggung display. Eko pun menyambut positif adanya kirab budaya tahun ini.

Berdirinya Kabupaten Blora

“Berdua sama anak, nonton kirab budaya disini anak saya suka sama Barongan, adanya kirab ini bagus, banyak kesenian-kesenian Blora yang dipentaskan dan bisa menghibur, anak-anak juga biar kenal, suka budaya kita,” ujar Eko Wijanarko.

Untuk diketahui, momentum peringatan hari ulang tahun kota Blora adalah saat yang penting bagi seluruh masyarakat Blora untuk mengingat kembali prosesi cikal bakal dumadine Mblora, atau mengingat berdirinya Kabupaten Blora. 

Dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam peringatan tersebut, diharapkan dapat menumbuhkembangkan rasa cinta dan bangga memiliki Kabupaten Blora  pada masyarakat.

Selain itu, Kirab Budaya ini sekaligus sebagai wadah menampung kreasi, ekspresi, dan apresiasi masyarakat Kabupaten Blora untuk melestarikan nilai-nilai luhur bangsa.

Adapun urutan paraga kirab terdiri dari cucuk lampah, petugas pembawa bendera merah putih, penari dari Dinporabudpar,  Bupati Blora dan Wakil Bupati Blora serta Forkopimda plus, duta wisata Blora, Manggolo Retno dan Domas, Manggolo Yudho dan Prajurit Patangpuluhan, Prajurit Tetabuhan, Prajurit Pembawa Gunungan Lanang, Prajurit Pembawa Gunungan Wadon, dan Komunitas Pemangku Adat. 

Kemudian, pangombyong kirab terdiri dari Penegak Hukum, Kelompok SETDA,  Kelompok Bank Jateng Blora, Kelompok SETWAN, Kelompok Inspektorat, Kelompok Badan dan Kantor, Kelompok Perangkat Daerah, Kelompok Instansi Vertikal, Kelompok Lembaga Keuangan – Perbankan, Kelompok BUMN, Kelompok BUMD dan Perusda, dan 16 Kecamatan se-Kabupaten Blora.(Prokompim/ADY/Redaksi)
Share:

1 comments:

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »