Pelaku Seni di Blora Datangi Dinporabudpar, Ingin Segera Pentas

Pelaku Seni Blora Bertemu Dengan
Kepala Dinporabudpar
BLORA - Sejumlah pelaku seni di Kabupaten Blora Jumat (19/06/2020) pagi, mendatangi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar).

Sebanyak 50 orang itu terdiri dari Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI), Yayasan Seni Janur Kuning, grup seni barong Blora, grup organ tunggal Blora dan yang lainya.

Mereka ditemui langsung oleh Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora Selamet Pamuji di Aula Kantor. Para perwakilan pelaku seni itu menyampaikan aspirasinya, supaya di era tatanan kehidupan baru atau new normal untuk segera diberikan ijin pentas.

Mbah Karno sebutan ketua PEPADI Blora menyampaikan selaku promotor seni di Blora, akan mengawali tampil dalam pagelaran wayang kulit di Rumah dinas Bupati.

Dirinya akan memberikan contoh pagelaran yang sesuai dengan protokoler kesehatan dengan  membatasi penonton. Sekaligus Bupati akan sosialisasi tentang era New Normal di Blora.

"Di tengah pandemi covid ini, kami akan menggelar pagelaran seni wayang kulit pada Kamis (25/06/2020), sesuai protokoler kesehatan, Monggo kalau mau hadir," ucap Sukarno (Mbah Karno) Jumat, (19/06/2020).

Ia berharap para pelaku seni ikut menyaksikan pagelaran tersebut, Sebagai contoh pentas sesuai protokoler kesehatan.

Selain PEPADI yang menyapaikan usul saran, pemilik seni barong Risang Guntur Seto, Adi Wibowo juga menanyakan tentang kapan pemerintah memberikan ijin pentas seni bagi pelaku seni di Kabupaten Blora.

"Kami siap menerapkan protokol kesehatan jika ada ijin pentas nanti, tapi yang saya khawatirkan justru para penonton yang tidak patuh," kata Didik sapaan akranya.

Ia ingin, sambung Didik, dalam penerapan protokol  kesehatan para penonton, nantinya jangan dibebankan kepada pelaku seni, ia merasa kebertan.

Menurutnya, selama pandemi corona berlangsung hampir tiga bulan, belum pernah ada pagelaran sama sekali alias vakum.

Mereka para pelaku seni merasakan dampak ekonomi yang sulit ditengah pandemi covid-19, karena tidak ada yang mengundang untuk pentas.

Menanggapi keluhan pelaku seni itu, Kepala Dinporabudpar Blora Slamet Pamuji menampung semua aspirasi pelaku seni. Ia akan menyampaikan keluhan ini kepada Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Blora.

"Intinya saya akan sampaikan keluhan pelaku seni ini kepada tim gugus tugas, untuk segera memberikan ijin pentas seni," papar Mumuk sapaan akrab Slamet Pamuji.

Usulan ini oleh Dinporabudpar akan dibuat resume kesepakatan bersama, untuk mendorong tim gugus tugas memberikan ijin pentas sesuai protokol  kesehatan.

"Bupati Blora sudah berjanji akan memberikan ijin pentas pada awal Juli mendatang. Saya berharap bisa berimbang. Penanganan Covid-19 tetap berjalan, perekonomian juga tetap lancar," pungkas Mumuk.  (WN/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Rapat Paripurna DPRD Blora perihal Penyampaian Ranperda tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Blora 2023

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar rapat paripurna dengan acara penyampai...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »