Direktur Pembenihan Kementan Monitoring Jagung Korporasi Di Randublatung

Direktur Pembenihan Bersama
Kepala Dipertan Kab.Blora Monitoring
Pembenihan Jagung Korporasi Petani
BLORA -- Kementerian Pertanian (Kementan) di tahun kemaren sudah mulai menginisiasi kegiatan pilot project pengembangan kawasan untuk perbenihan jagung berbasis korporasi petani. Penguatan kelembagaan kawasan korporasi dilakukan melalui pengawalan, pembinaan dan pendampingan dalam teknik produksi benih jagung, bantuan sarana produksi, alsintan, infrastruktur dan akses pasar.

Direktur Perbenihan M. Takdir Mulyadi bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora, kunjungi dan monitoring Kelompok Tani Maju Desa Randublatung yang melaksanakan perbenihan jagung korporasi petani, Sabtu (15/02/2020).

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menargetkan pelaksanakan kegiatan pilot project pengembangan kawasan jagung hibrida untuk penangkaran benih berbasis korporasi petani di Tuban untuk tahap awal seluas 89,6 ha dari target nasional seluas 1.175 hektar. Dari total ini, berada di tiga kabupaten yakni di Tuban 675 hektar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 250 hektar dan Lampung Timur 250 hektare.

"Berbeda halnya korporasi jagung di Kabupaten Lebak Banten, bukan untuk penangkaran tapi untuk konsumsi seluas 1.000 hektar. Pelaksanaan Korporasi perbenihan ini akan terlaksana dengan 3 tahap selama 5 tahun," katanya.

M. Takdir Mulyadi  menyaksikan dan mengapresiasi jerih payah yang dilakukan Kelompok Tani Maju Desa Randublatung. Menurutnya, kegiatan percontohan ini dimaksudkan untuk merangsang kelembagaan ekonomi petani agar bisa mengelola bisnis usaha tani, penangkaran benih jagung hibrida secara mandiri dan juga dapat meningkatkan produksi benih nasional secara berkelanjutan.

“Setelah ini, jika berhasil kita terapkan di beberapa kawasan lain untuk mereplikasi kegiatan perbenihan jagung hibrida berbasis korporasi petani kedepan,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora Ir. Reni Miharti, M.Agr. Bus mengabarkan melalui Twitternya @koncotani bahwa Kunjungan Direktur Perbenihan @kementan di Kelompok Tani Maju Desa Randublatung Kecamatan  Randublatung, Kabupaten Blora, dalam rangka kunjungan monitoring kegiatan perbenihan jagung korporasi yang didampingi Kepala Dinas Pertanian Blora @nunikreni beserta Koordinator dan PPL Kecamatan  Randublatung.

"Kami tetap bersemangat meski dihari libur, untuk monitoring jagung korporasi petani," ucap Reni Miharti. (ADY/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »